Humas Polres Simalungun Ikuti Taping Commander Wish Kapolda Sumut

8

Simalungun-Dibaktinews.com. Plh Kasi Humas Polres Simalungun Ipda Arwansyah Batubara bersama creator Humas Polres Simalungun Jauhari Harahap S.Kom mengikuti kegiatan smart sharing humas Polri yang kreatif dan kekinian, di Aula Catur Prasetya LT-4 Polda Sumut, Senin (22/11/2021)

Kegiatan di buka langsung Kapolda Sumatera Utara Irjen, Pol, Drs, RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si., didampingi oleh Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi SIK, SH dengan narasumber Aiptu Herman Hadi Basuki Pak Babhin Youtuber Polres Purworejo, Ibu Rahma pimpinan Polri TV

Kepada wartawan, Ipda Arwansyah menjelaskan kegiatan dalam rangka taping comander wish Kapolda Sumut bertujuan, agar jajaran personel Humas Polda Sumatera Utara mendapatkan pelatihan tentang bagaimana cara pembuatan content kreatif oleh kru tv Polri dan radio.
Pelatihan konten kreatif dengan materi, yaitu mengemas konten kreatif, management media, teknik pengambilan gambar, teknik editing, produksi konten polri kreatif.

“Dari pelatihan ini diharapkan personil humas dapat mengemban tugas di masing-masing kewilayahan, penguatan management media, sinergitas peninjauan media, dan menyamakan persepsi dalam peliputan media,” terang Arwansyah.

Sebelnya, Kapolda Sumut, Irjen. Pol. Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si. berpesan bahwa fungsi humas merupakan fungsi utama dan dikedepankan dalam struktur utama Polri.

“Pada era dunia digital saat ini dibutuhkan kecepatan personil dalam memberikan informasi publik yang berbasis teknologi agar masyarakat cepat memahami dan pesan yang disampaikan dapat dimengerti,” ujar Kapolda.

Pembuatan konten-konten kreatif baik Meme dan video sangatlah diperlukan untuk membantu dalam penyampaian pesan.

“Video konten kreatif yang menarik dalam penyampaian pesan, karena dengan konten kreatif tersebut masyarakat lebih mudah mengingat dan pesan yang disampaikan dapat dipahami,” sebutnya.

“Fungsi Humas merupakan pahlawan bagi organisasi Polri yang selalu aktif memberikan informasi yang positif dan informatif kepada seluruh masyarakat, dan tetap jaga kemitraan dengan media,” sambungnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi SIK SH menyampaikan, bahwa pelatihan smart sharing Humas Polri yang kreatif dan kekinian sangat penting, dan diharapkan kepada seluruh personil dapat memahami dengan maksimal sesuai dengan fungsinya di kepolisian.

“Respon berita dengan cepat, bangun situasi kamtibmas yang kondusif, tekan berita-berita negatif tentang Polri, buat desain konten kreatif yang menarik agar mudah diingat masyarakat, dan jadikan media sebagai mitra strategis,” terang Kabid Humas.

Youtuber Polres Purworejo, Aipda Herman Hadi Basuki yang dikenal dengan nama Pak Bhabin juga ikut membagikan pengalaman dalam teknik pembuatan video konten kreatif kepada seluruh peserta dimulai dari teknik pengambilan gambar, teknik editing gambar hingga kepada cara mempublikasi hasil video konten yang dibuat.(Adb)