PPODA Berangkatkan dan Doakan Calon Kades Dampingan Petrasa Dairi

52

Dairi-Dibaktinrws.com. Menjelang Pilkades serentak di 106 desa di Kabupaten Dairi pada, 25 November 2021, Perhimpunan Petani Organik Dairi (PPODA) berangkatkan dan mendoakan 12 orang calon kepala desa dari anggota credit union dampingan petrasa.

12 orang calon kepala desa yang diberangkatkan, yakni Herbet Manurung (Desa Sumbari), Maruasas Purba (Desa Siratah), Nelson Dolok Saribu (Desa Sinampang), Budianto Tamba (Desa Sumbul Tengah), Gibson Simaremare (Desa Gomit), Julfri Banjarnahor (Desa Simanduma), Fransiskus Sigalingging (Desa Sigalingging), Sahat Lingga (Desa Pangaribuan), Pastima Matanari (Desa Ujung Teran), Friska Pangaribuan (Desa Pegagan Julu X), Gordon Aritonang (Desa Sipoltong) dan Dewi Panjaitan (Desa Soban).

Pada acara pemberangkatan ini PPODA memberikan beberapa harapan yang disampaikan oleh Ketua PPODA Bapak Peter Simamora. Ia berdoa kepada Tuhan semoga 12 calon yang diberangkatkan PPODA bisa meraih kemenangan di Pilkades di desa masing masing.

“Harapan kami jika nantinya bapak/ibu calon kepala desa mampu memenangkan Pilkades, kedepan dapat memberikan perhatian untuk mengembangkan CU di desa,” kata Peter.

“PPODA akan selalu siap bekerja sama dengan pemerintahan desa kedepan untuk bersinergi mengembangkan program bersama untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa, terutama anggota CU yang ada di desa bapak/ibu,” ungkapnya.

Selanjutnya Parlindungan Tambunan Wakil Ketua PPODA menyampaikan, bahwa pertemuan ini merupakan bagian program dari PPODA, dimana selama ini selalu mendorong anggota untuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan kebijakan ditingkat desa, baik sebagai calon kepala Desa, BPD dan juga perangkat desa.

“Ini agar kita lebih mudah bekerja sama dengan pemerintahan desa untuk mengembangkan program yang selama ini dilakukan oleh PPODA yakni pertanian, peternakan, pemberdayaan perempuan dan pelatihan kepada perangkat desa dan lembaga desa lainnya,” sebutnya.

Sementara, Ridwan Samosir Sekretaris Eksekutif Petrasa menyampaikan, ini bagian dari upaya dan komitmen Petrasa untuk mendorong Pilkades berjalan dengan baik dan damai.

“Kita tentu sangat menolak politik uang, sehingga ini harus menjadi bagian dari pendidikan politik bagi kita,” ucap Ridwan.

Menurutnya, di lapangan akan selalu berbeda pendekatannya, namun Petrasa sangat berharap semua menjadi calon serta pemilih cerdas yang sangat anti terhadap politik uang dan pemberian lainnya hanya untuk meraih kemenangan.

Duat Sihombing mewakili Divisi Advokasi serta manager PPODA juga turut menyampaikan harapan supaya kedepan kepala desa terpilih mampu menerapkan aturan aturan yang telah diamanatkan oleh Undang undang yakni UU Desa No. 6 Tahun 2014.

Dimana desa diberi wewenang yang cukup besar untuk menentukan arah pembangunan melalui perencanaan yang baik, yang berasal dari kebutuhan masyarakat, sehingga diharapkan dalam perencanaan kedepan kepala desa harus melibatkan masyarakat desa seperti yang diamanatkan UU.

Presiden Jokowi dalam program nawacitanya juga berpesan “Membangun Indonesia dari pinggiran”.

“Artinya membangun Indonesia dari desa, sehingga negara memberikan anggaran dan kewenangan yang sangat kuat kepada desa,” ucap Duat.

Dalam acara ini juga dilaksanakan acara mangulosi kepada calon kepala desa sebagai bentuk doa serta memberikan dukungan materi dari dari dana perjuangan PPODA yang dihimpun 2 % dari SHU setiap kelompok.

Mungkin nilainya tak seberapa namun itulah bukti kebersamaan dan solidaritas kelompok yang terhimpun dalam PPOD selama ini.

Mengakhiri pertemuan Muntilan Nababan menyampaikan strategi strategi mengantisipasi kecurangan di TPS dengan menempatkan saksi-saksi yang betul-betul loyal dan solid.

“Apapun bisa terjadi di lapangan, sehingga kita betul betul harus mempersiapkan segalanya,” kata Muntilan.

Selamat berjuang di Pilkades serentak Kabupaten Dairi tanggal 25 November 2021. Seluruh calon harus siap menang dan siap kalah, karena itulah demokrasi.

Atas pemberangkatan dan doa yang diberikan, para calon Kades mengucapkan terima kasih untuk PPODA dan Petrasa yang betul betul mengganggap mereka sebagai bagian keluarga.

“Bagi kami ini merupakan semangat baru, semoga kita dapat memenangkan Pilkades ini, sehingga kita bisa bekerja sama kedepan untuk mewujudkan desa yang kuat, mandiri dan transparan,” ucap Maruasa Purba mewakili calon kepala desa.

“Kami akan memberikan yang terbaik untuk merebut hati masyarakat dengan mewujudkan visi-misi kami kedepan,” pungkasnya. (fjr)