Bupati Dairi : Pendidikan Salah Satu Program Prioritas

89
Bupati Dairi memberikan arahan kepada para sekolah yang telah dikukuhkan. (foto fajar)

Dairi-Dibaktinews.com. Pendidikan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Dairi yang tertuang dalam RPJMD 2019-2024, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2017,  tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru. Beban kerja kepala satuan pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga pendidik .

Hal itu disampikan Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu usai sumpah janji dan pengukukan pejabat Kepala Unit Pelaksana (UPT) satuan pendidikan, formal dan non formal serta pengawas sekolah dinas pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi, Jumat (29/10/2021) di Gedung Olhraga (GOR) Jalan Rumah sakit Umum, Kecamatan Sidikalang.

Disebutkannya, kepala sekolah tidak dibebani tugas pembelajaran, namun dalam keadaan tertentu dapat melaksanakan tugas pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan guru di sekolah.

Saya berharap ini bisa dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja memimpin  dan mengelola sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan,” kata Eddy Berutu.

Kepada para kepala sekolah yang telah menyelesaikan masa tugasnya, Eddy Berutu  mengucapkan terimakasih atas semua capaian, dedikasi dan loyalitasnya selama melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah.

“Bagi kepala sekolah yang masih bertugas dan yang promosi menjadi kepala sekolah, agar bekerja dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” sebut Eddy Berutu seraya mengatakan, kinerja kepala sekolah akan dievaluasi setiap tahunnya.

Lebih lanjut disampaikannya, para kepala sekolah diminta mampu  mengelola sekolah dengan baik, patuhi protokol kesehatan, tertib laporan mulai dari administrasi pengelolaan dana operasional sekolah  (BOS), laporan bulanan dan triwulan.

Mulai tahun depan melalui dinas pendidikan akan dilkukan penilaian sekolah terbaik, mulai dari kebersihan, prestasi anak didik dan prestasi guru. “Sekolah yang mendapat predikat terbaik agar di apresiasi (Reward) dan yang predikat terburuk akan dievaluasi,” tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Dairi telah melaksanakan diklat calon kepala sekolah, agar dapat memenuhi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang melekat yang dibutuhkan untuk membawa satuan pendidikan menjadi lebih baik, terutama untuk mewujudkan tujuan pembagunan daerah Kabupaten Dairi secara khusus dan pembagunan nasional secara umum.

“Untuk itu semua guru harus berupaya jadi yang terbaik dan penggerak  program merdeka belajar,” harapnya.,

Sebanyak  37 Kepala UPT SMP Negeri, 244 Kepala UPT SD Negeri serta 2 (dua) Kepala UPT pendidikan formal Taman Kanak-Kanak  dan 1 (satu) pengawas sekolah dinas pendidikan serta 1 (satu) pamong belaja yang dikukuhkan Bupati Dairi. (fjr)