Polsek Sidikalang Kota Bersama Pemkab Dairi Perketat Prokes di Pusat Pasar

177

Dairi-dibaktinews.com. Mencegah laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dairi yang terus meningkat, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu SH, menghadiri rapat koordinasi (Rakor) bersama dengan Camat Sidikalang Robot Simanullang.

Rapat yang dilaksanakan di Kantor Camat Sidikalang, Selasa (10/8/2021) juga dihadiri, Kasat Lantas AKP Herliandri SH, Kasubag Dal Ops AKP J Manullang, KBO Lantas Iptu WTP Sinaga, perwakilan Dishub Timbul Silalahi, Sat Pol PP B Lingga SH dan Dirut Operasional PD Pasar Roy Candra Simanjuntak.

“Rakor yang kami laksanakan, untuk membahas kebijakan penerapan protokol kesehatan oleh Pemkab Dairi dalam rangka menekan penyebaran Covid-19,” kata Sukanto.

Disebutkan, rapat tersebut untuk mengambil solusi kesepakatan terkait teknis/tata cara penerapan Prokes dan untuk menentukan titik-titik lokasi penempatan personil yang akan bertugas untuk pelaksanaan penerapan Prokes di Pasar Sidikalang.

“Serta membahas kemungkinan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penerapan Prokes di Pasar Sidikalang nantinya,” sebut Sukanto

Dengan penerapan Prokes dan pembatasan kegiatan masyarakat nantinya diharapkan, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dairi dapat ditekan. Masyarakat tetap dapat melakukan aktivitas di Pusat Pasar Sidikalang untuk mengantisipasi kelumpuhan Ekonomi, dengan tetap mengikuti Prokes.

“Pada titik masuk dan keluar pasar akan dibuat pos penyekatan. Rencana pelaksanaannya akan dimulai, Sabtu 14 Agustus 2021.

Dalam rapat itu, Kasat Lantas Polres Dairi AKP Herliandri SH menjelaskan, kegiatan penerapan Prokes di Pusat Pasar Sidikalang mendasar dari kebijakan pemerintah yang mengevaluasi bahwa Kegiatan yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid 19, seperti lokasi pesta adat dan objek-objek keramaian termasuk pasar.

“Untuk itu akan diberlakukan One Get Sistem (satu pintu masuk dan keluar). Pemblokiran jalur-jalur yang berpotensi terjadinya kerumunan. Juga perumusan terkait para pedagang yang berdagang diluar lokasi Pasar Sidikalang,” ucapnya.

Sementara Camat Sidikalang Robot Simanullang menyampaikan, untuk penanganan Prokes dan penyekatan diutamakan penanganan di lokasi-lokasi yang berpotensi penularan atau klaster baru penyebaran Covid-19.

“Dalam pelaksanaan nantinya harus dilengkapi rambu-rambu pendukung pelaksanaan kegiatan,” ucap Robot

Dirut Operasional PD Pasar Roy Candra Simanjuntak menyarakan, agar untuk terlaksana penerapan Prokes di Pasar Sidikalang dibutuhkan team yang Solid dan pelaksanaanya secara konsisten.
Penerapan Prokes dapat terlaksana dengan membatasi Pintu masuk dan keluar pasar.

“Penataan lokasi-lokasi parkir juga sangat mendukung terlaksananya penerapan Prokes di Pasar Sidikalang. Dengan dilakukan penertiban terhadap pedagang yang berjualan diluar lokasi pasar,” terangnya,” usulnya.

Kegiatan penerapan Prokes di Pasar Sidikalang akan melibatkan, personel Polres Dairi, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Koramil 02/SDK, Pemerintah Kecamatan Sidikalang, Polsek Sidikalang Kota, petugas Puskesmas Hutarakyat dan pihak PD Pasar. Sebelum pelaksanaan kegiatan dimulai, terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan lapangan, pada, Kamis 12 Agustus 202. (fjr)