Test Swab PCR di Pos PPKM Polres Dairi, Warga Langkat Positif Covid-19

118

Dairi-dibaktinews.com. Petugas yang berjaga di Pos PPKM Imbangan Polres Dairi, Senin (2/82021), kembali mendapati warga yang akan masuk wilayah Kabupaten Dairi terkonfirmasi Covid-19. Warga Kabupaten Langkat berinisial Z (27) oleh petugas yang berjaga selanjutnya diminta untuk putar balik dan melakukan isolasi mandiri.

“Kita juga melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Langkat untuk dilakukan pengawasan lebih lanjut terhadap warga sesuai alamat tempat tinggalnya,” kata Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kasubbag Humas Iptu Donni Saleh kepada wartawan.

Disebutkan Donni, warga Langkat yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, diketahui setelah dilakukan test Swab PCR secara acak oleh petugas Dinas Kesehatan Satgas Covid-19 kabupaten yang berjaga di Pos PPKM Imbangan Polres Dairi di Jalan Sidikalang-Medan Simpang Taman Wisata Iman (TWI) Kecamatan Sitinjo, kepada warga yang akan masuk Kabupaten Dairi.

Pada giat yang dilaksanakan, jumlah kendaraan yang diperiksa secara acak, roda dua 12 unit, roda empat 18 unit dan roda enam 3 unit. Hasil yang dicapai, teguran lisan 19 kali, tindakan fisikĀ 4 orang. Putar balik kendaraan, roda dua sebanyak 2 unit, roda empat 1 unit dan roda enam 1 unit.

“Untuk cek suhu badan 10 orang
dan test swab PCR secara acak kepada 5 orang, hasilnya 1 orang dinyatakan positif,” terang Donni seraya mengatakan, petugas juga membagikan masker dan memasang stiker pada kendaraan yang melintas.

Ditambahkan Donni, petugas juga memberikan sosialisasi tentang pemberlakuan PPKM Darurat Kota Medan, serta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki kota Medan selama PPKM Darurat yang berakhir hari ini, 2 Agustus 2021.

Kepada pengendara yang akan masuk dan keluar Kabupaten Dairi, petugas melakukan pemeriksaan surat rapid tes dan surat sertivikasi vaksin, serta STRP kepada masyarakat pengguna jalan maupun kendaraan angkutan umum, agar selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) mulai dari berangkat hingga sampai ke tujuan.

“Giat yang dilaksanakan sekaligus untuk melaksanakan tertib berlalu lintas dan antisipasi balap liar dan penggunaan knalpot racing,” pungkas Donni.

Personel yang melaksanakan kegiatan, KBO Sat Lantas Polres Dairi Iptu WTP Sinaga, KBO Sat Sabhara Iptu LP Sinaga, Personil Polres Dairi 6 orang, Satpol PP 2 orang dan tenaga medis 2 orang. (fjr)