Sindikat Pengedar Ganja Ditangkap Sat Narkoba Polres Siantar

68

Siantar-dibaktinews.com. Satnarkoba Polres Siantar menangkap empat orang laki-laki dewasa yang melakukan penyalagunaan narkotika golongan 1 jenis ganja. Keempat laki-laki itu, yakni Fajar (21) warga Siantar Timur, Artur (45) warga Jalan Mangga Kelurahan Parhorasan Nauli Kecamatan Siantar Marihat, Doni dan Anto warga Jalan Akasia Perumnas Batu VI Kabupaten Simalungun.

Kasubag Humas Polres Pematangsiantar Iptu Rusdi kepada wartawan menjelaskan, pengungkapan kasus sindikat narkotika tersebut berawal dari adanya informasi dari masyarakat bahwa ada seorang laki-laki dewasa yang dicurigai sedang duduk di Pos Polisi dekat Ramayana Jalan Sutomo. Menindaklanjuti informasi itu, selanjutnya personil Sat Narkoba langsung menuju TKP dan melakukan penangkapan terhadap seorang tersangka bernama Fajar saat sedang duduk di Pos Polisi dekat Ramayana Jalan Sutomo pada , Rabu (14/7/2021) sore sekitar jam 18.30 WIB.

“Dari penangkapan itu, diamankan barang bukti 1 buah plastik hitam yang berisi 1 bal ganja kering, 1 unit Handphone, Tas selempang warna hitam berisi 2 unit Handphone,” kata Rusdi.

Saat dilakukan interogasi, Fajar mengaku kalau ganja tersebut didapat dari seorang laki-laki bernama Artur. Setelah dilakukan pencarian pada Kamis (15/7/202) pagi sekira jam 09.00 WIB, personel Satnarkoba berhasil menangkap Artur dari Jalan Sudirman Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar.

“Saat dilakukan penangkapan ditemukan 1 unit Handphone dari kantong celananya dan Artur mengakui menyimpan ganja di sebuah rumah,” ucap Rusdi.

Personel Satnarkoba selanjutnya melakukan penggeledahan dan dari bawah kolong tempat tidur ditemukan barang bukti 1 buah goni yang didalamnya ada 12  bal ganja. Artur juga mengaku masih menyimpan ganja lainnya di sebuah rumah di Jalan Parsoburan Kelurahan Suka Makmur, Kecamatan Siantar Marihat.

“Dari penggelapan yang dilakukan, ditemukan 1 buah plastik hitam yang didalamnya ada 1 bal ganja yang disimpan pada dinding kamar,” sebutnya.

Melalui pengembangan lanjutan, menurut pengakuan Fajar kepada personel Satnarkoba yang menjemput ganja dari provinsi Aceh adalah Doni dan Anto. Setelah dilakukan pengejaran berhasil menangkap Doni dari Jalan Mangga, Kelurahan Parhorasan Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, Pematangsiantar.

‘Dari tangan Doni, personel mengamankan 1 unit Handphone merk Samsung dan 1 unit Handphone merk Nokia. Doni mengakui menyimpan ganja di kos-kosan Jalan Akasia Perumnas Batu VI,” terang Rusdi.

Setelah dilakukan penggeledahan dari atas asbes di ruangan kamar mandi ditemukan gulungan baju warna hitam yang didalamnya berisikan 14 paket narkotika ganja, 1 plastik merah yang berisi 21 paket ganja, 1 plastik biru yang berisi 26 paket ganja. Tak butuh waktu lama personel Satnarkoba kembali menangkap tersangka Anto dan ditemukan mengamankan 1 unit Handphone merk Nokia.

“Untuk proses selanjutnya, para tersangka beserta barang bukti ganja dengan berat brutto 14,5 kg dibawa ke kantor Sat Narkoba Polres Pematangsiantar,” pungkasnya.(adb)