Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas Parongil Beri Imbauan Prokes di Acara Pesta Adat

203

Dairi-dibaktinews.com. Personel Babinsa Koramil 03/Parongil dan Bhabinkamtibmas Pos Pol Lae Parira Polsek Parongil memberikan imbauan protokol kesehatan (Prokes) di acara pesta adat saur matua (orang meninggal dunia) di Desa Kaban Julu, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi, Sabtu (12/6/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin Bhabinkamtibmas Pos Pol Lae Parira Aiptu Juspen Simbolon serta Babinsa Koramil 03/Parongil Serka M Lingga, Kepala Puskesmas Kentara Rismawaty Dolok Saribu MKM dan dikuti Bidan Desa Kaban Julu Risma Silalahi dan Risna Sihite.

Bhabinkamtibmas Pos Pol Lae Parira Aiptu Juspen Simbolon mengatakan, giat yang dilaksanakan dalam rangka penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Hari ini kami melayat ke rumah duka warga yang meninggal dunia dan sekaligus untuk memberikan imbauan Prokes, guna memutus penyebaran Covid-19,” kata Juspen.

“Bapak Daulat Sianturi (87) meninggal bukan disebabkan Covid-19, tetapi dikarenakan faktor sudah tua dan sakit menahun,” sambungnya.

Kepada masyarakat yang datang melayat, personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengimbau agar tetap mematuhi Prokes dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Begitu juga kepada keluarga yang melaksanakan pesta adat untuk menyediakan tempat mencuci tangan serta mempersingkat acara dan mempercepat pemakaman.

“Ini kami lakukan agar di tempat acara pesta tidak menjadi klaster baru penyebaran virus corona yang saat ini masih mewabah,” ujar Juspen.

Ditambahkan Juspen, kasus Covid-19 di Kabupaten Dairi saat ini grafiknya terus meningkat, untuk itu kepada masyarakat untuk tetap menerapkan Prokes dan perilaku hidup bersih dan sehat. (fjr)