Warga Desa Mompang Julu Menggelar Acara Mangupa Personel Polres Madina

183

Dairi – dibaktinews.com. Masyarakat Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan silaturahmi dan menggelar acara adat Mangupa/Upa-Upa. Acara yang dilaksanakan di halaman Parkir Mako Polres Madina, dihadiri langsung Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi SIK M.Si.

Acara bertema “Holongdo Maroban Domu, Domudo Maroban Parsaulian” yang artinya cinta kasih sayang yang mengeratkan hubungan persaudaraan, setelah erat hubungan persaudaraan datanglah kebaikan/keberkahan)” dalam rangka Mangupa Tondi Dohot Badan (Mengembalikan/menguatkan semangat kembali ke jiwa raga, tidak lemah secara fisik dan psikis) kepada seluruh personel Polres Madina, atas insiden kejadian unjuk rasa anarkis di Desa Mompang Julu pada, 29 Juni 2020 lalu.

“Acara ini untuk menyampaikan permohonan maaf harajaon, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Mompang Julu kepada institusi kepolisian Polres Madina beserta seluruh keluarga besar kepolisian RI,” ucap Horas Tua Silalahi.

Disebutkan Kapolres Madina, bahwa masyarakat Desa Mompang Julu menyesali atas musibah yang terjadi dan menyadari bahwa terjadinya konflik tersebut, kesalahan sepenuhnya dari mereka.

“Mereka pun berjanji tidak akan membiarkan hal serupa terulang kembali. Dan kami keluarga besar Polres Madina menerima permohonan maaf mereka, karena kita selaku sesama hamba Allah hendaknya saling memaafkan” sebut Horas Tua Silalahi.

Kapolres Madina juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas terlaksananya giat yang baik ini. Kedepan ia berharap kejadian serupa tak terulang lagi dan mengajak masyarakat bersama-sama menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Madina yang tercinta ini.

“Mari kita pupuk dan jaga kekeluargaan yang sudah terjalin baik selama ini, kami tidak bisa bekerja sendiri, dukungan warga Desa Mompang Julu dan seluruh masyarakat Kabupaten Madina sangat penting peranannya, dalam menjaga kamtibmas,” ujar Horas Tua Silalahi._

Semua pihak diharapkan bisa mengambil banyak hikmah dari kejadian itu, tidak ada lagi oknum masyarakat yang melakukan tindakan melanggar hukum dengan dalih apapun. “Mari kita jaga stabilitas Kamtibmas agar terus kondusif, sehingga pembangunan di Kabupaten Madina dapat berjalan dengan baik. Kedepan mari kita berfikir apa lagi kebaikan-kebaikan yang akan kita perbuat,” tutupnya diakhir kegiatan.

Acara tersebut dihadiri, Sekda Kabupaten Madina, Ketua DPRD, Pasi Intel Kodim 0212/TS, Ketua Pengadilan Agama, Para PJU Polres Madina, Camat Panyabungan Utara, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Alim ulama, Harajaon, Hatobangon, Naposo Nauli Bulung. (yy).