Mencuri Di Dairi, 4 ABG Ditangkap Di Tanah Karo

1452
Ke-4 orang ABG pelaku pencurian diamankan di Polres Dairi

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Personil Sat Reskrim Polres Dairi berhasil mengamankan 4 orang anak baru gede (ABG) pelaku pencurian di rumah milik, Imran Sihotang (39) warga jalan Batu Kapur, Kelurahan Huta Gambir, Kecamatan Sidikalang. Para Pelaku diamankan dari persembunyiannya di sekitar kota Kaban Jahe, Kabupaten Karo, Kamis (9/5/19) sekira pukul 21.30 WIB.

Adapun ke 4 orang ABG tersebut, Niko Panjaitan (16) warga jalan Sidikalang-Tigalingga KM 2, Kecamatan Sidikalang, Andre Purba (16), warga jalan Sudirman, Pasar Lama, Kecamatan Sidikalang, Yunus Pasaribu (16) jalan Sidikalang-Tigalingga KM 2, Kec. Sidikalang, Maringan Silalahi (16) warga jalan Cipta, Kecamatan Sidikalang.

“Dari ke-4 orang pelaku diamankan, satu unit Sepeda motor merek Honda Sonix 150 cc dan satu unit handphone merek Xiomi,”Kata Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK melalui Kasubag Humas, Ipda Doni Saleh kepada wartawan, Sabtu (11/5/19).

Disebutkan Doni, para tersangka diamankan, setelah sebelumnya personil Polres Dairi menerima laporan dari korban pencurian, Imran dengan nomor : LP/121/IV/2019/SU/DR/SPK tanggal 17 April 2019.

Menindak lanjuti  laporan tersebut, personil Sat Reskrim selanjutnya melakukan penyidikan. Berkat kerja keras dari tim opsnal Polres Dairi para tersangka berhasil diamankan dan ditangkap dipersembunyiannya di Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Para pelaku selanjunya di boyong ke Mapolres Dairi untuk dimintai keterangan dan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai undang-undang yang berlaku di NKRI, serta untuk proses penyidikan lebih lanjut.

“Terhadap para pelaku kita kenakan pasal pencurian, sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e,5e dari KUHPidana Yo Undang-undang Nomor 11 tahun 2012 tentang sisten peradilan anak,”sebut Doni.

Lebih lanjut Doni menjelaskan, peristiwa pencurian itu sendiri terjadi, Sabtu  27 April 2019 sekira pukul 05.00 WIB. Dimana saat pemilik rumah sedang tertidur lelap, para pelaku masuk ke dalam rumah korban dengan membuka kaca nako jendela dan mencongkel pintu depan menggunakan peralatan obeng.

Korban baru mengetahui rumahnya di satroni pencuri saat bangun pagi setelah melihat pintu rumah dan kaca nako jendela sudah terbuka dan rusak. Serta dua unit sepeda motor merek Honda Sonix 150 cc, BB 4475 YG dan Honda Vario 125 BB 6055 YA yang kebetulan kuncinya menempel di stop kontak tdak berada lagi di tempatnya.

“Selain itu handphone  xiomi , dua dompet, satu unit laptop merek Acer dan 2 helem milik korban juga diabawa lari para pencuri. Atas kejadian itu korban pun membuat laporan ke Polres Dairi,”terang Doni.(yy)