Babinsa Koramil 03/Parongil Hadiri Rapat Lintas Sektoral UPTD Puskesmas

979
Serda S. Pangaribuan saat menghadiri rapat lintas Sektoral UPTD Puskesmas Kentara, Lae Parira

DAIRI, Parongil-dibaktinews.com

Kodim 0206/DR melalui Babinsa Kodim 03/Parongil hadiri kegitan rapat minilok lintas sektoral Unit Pelayanan Tenis Dinas (UPTD) Puskesma Kentara. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Camat Lae Parira, Kabupaten Dairi, Senin (28/5/18).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Lae Parira, Kapospol, Kepala Desa Se-Kecamatan Lae Parira, Bidan Desa dan Masyarakat.

Babinsa Koramil 03/Parongil, Serda S. Pangaribuan mengatakan, kegiatan tersebut untuk melakukan koordinasi yang baik antara instansi dan masyarakat tentang arti dan pentingnya peranan tenaga kesehatan. Terutama bidan desa yang merupakan ujung tombak tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya di pedesaan. 

“Melalui koordinasi yang baik ini nantinya, setiap permasalahan tentang kesehatan di masyarakat akan mudah di selesaikan, sehingga dapat menekan angka kematian ibu dan anak,”ucapnya.

Disebutkannya, Babinsa sebagai aparat kewilayahan yang bertugas di Kelurahan/Desa, juga harus bisa memberikan kontribusi masalah kesehatan di wilayah binaannya dengan selalu melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan di Puskesmas maupun bidan desa.

“Sebagai Babinsa kita selalu melakukan berkoordinasi dengan pihak Puskesmas dan bidan desa untuk memberikan sosialisasi tentang kesehatan, sehingga masyarakat dapat menjaga kesehatan di lingkungannya masing-masing,”terangnya.

Ditambahkan, Serda S. Pangaribuan, Puskesmas sebagai pusat penggerak fungsi pembangunan berwawasan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan keluarga serta sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.

“Untuk mewujudkan itu perlunya kerjasama antar lintas sektoral sesuai tugas dan fungsi instansi masing-masing instansi,”pungkasnya. (AR45)