KPU Resmikan Rumah Pintar Pemilu “Si Kopi Dairi”

674
Perwakilan KPU Sumut saat meresmikan rumah pintar pemilu

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi, resmikan rumah pintar pemilu yang diberi nama,”Si Kopi Dairi”. Acara dilaksanakan di halaman Kantor KPU Dairi, Senin (30/4/18) dihadiri perwakilan KPU Sumut, Nazir Salim Manik S.Sos M.SP, Assisten I Pemkab Dairi, Ramlan Sitohang, Kejari Dairi, Polres Dairi, Kodim 0206/Dairi, Panwaslih dan tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Dairi, Sudiarman Manik dalam sambutannya mengatakan, peresmian rumah pintar pemilu ini merupakan program KPU secara nasioanal. Dengan adanya rumah pintar pemilu diharapkan KPU dapat mensosilisasikan semua kegiatan yang menyangkut demokrasi dan pemilu. Disebutkannya, pemberian nama “Si Kopi Dairi” atau komunitas pemilih untuk mengigarkan masyarakat Dairi atas hasil kopinya yang sudah terkenal dan mendunia.

“Disinilah nanti kita berkreasi memberikan gambaran-gambaran apa yang sudah kita laksanakan dan apa yang akan dilaksanakan. Sehingga yang ingin belajar demokrasi dan pemilu bisa dapat masukan dari rumah pintar ini,”terangnya.

Mewakili KPU Sumut, Nazir Salim Manik menjelaskan kalau pendirian rumah pintar pemilu, anggarannya diambil dari dana APBN. Untuk itu agar wadah ini digunakan sebaik-baiknya untuk memberi pemahaman tentang  pendidikan politik bagi masyarakat.

“Jadi rumah pintar ini bukan hanya milik KPU saja, tetapi milik kita bersama sebagai wadah belajar demokrasi,”sebutnya.

Sementara, assisten I Pemkab Dairi, Ramlan Sitohang mengatakan, Pemerintah Dairi sangat menyambut baik peresmian rumah pintar pemilu ini. Melalui rumah pintar pemilu ini, semua permasalahan pemilu dapat dijelasan, sehingga masyarakat dapat mengerti apa itu pemilu.

“Rumah pintar pemilu ini juga nantinya dapat dijadikan tempat wisata pendidikan Politik bagi para pelajar. Karena pendidikan politik perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak,”ungkapnya. (gun’s)