Insan Pers Dairi Ajak Pemilih Pemula Jangan Golput

841
Veriyanto saat memberikan materi tentang Pilkada

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

 

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2018, insan pers yang tergabung dalam dibaktinews.com dan ditvnews.com bersama Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten Dairi mengajak para pelajar, khususnya siswa/siswi yang berusia 17 tahun keatas untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak golput.

Ajakan tersebut dilakukan dengan menggelar kegiatan bincang-bincang Pilkada yang mengambil thema,”Jangan Golput”.  Acara dilaksanakan di aula SMK Parawisata Prima, jalan SM. Raja Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (30/4/18) pukul 14.00 WIB.

Selain dihadiri siswa/siswi SMK Pariwisata Prima, acara tersebut juga dihadiri perwakilan dari sekolah SMAN 1, SMAN2, SMA HKBP, SMA Bukit Cahaya.. Sebagai pembicara dan narsumber dalam  kegitan tersebut, Veryanto Sitohang dari devisi hukum KPU Dairi, Juanto Angkat Ketua ISORI Dairi, Rudi Sinaga dan Herman Surbakti mewakili insan Pers.

Dalam kegiatan tersebut, Veryanto Sitohang mengatakan, pada 27 Juni 2018 KPU Dairi akan menggelar Pilkada serentak, pemilihan Bupati/Wakil Bupati Dairi dan Gubernur/Wakil Gubernur Sumaetra Utara. Jadi kepada para pelajar pemilih pemula atau yang baru pertama kali memilih agar menggunakan hak suaranya. Karena satu suara sangat menentukan masa depan Dairi lima tahun kedepan.

“Kepada adik-adik pelajar yang sudah berumur 17 tahun keatas tapi belum memilik KTP elektronik, agar segera melakukan perekeman di Kantor Disdukcapil. Karena syarat bagi pemilih harus mempunya KTP atau Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan Disdukcapil,”terangnya.

foto bersama usai penandatanganan deklarasi jangan golput

Sementara Kerua ISORI Dairi, Juanto Angkat menghimbau kepada para pelajar, agar bijak dalam menggunakan media sosial, karena menjelang pilkada serentak ini bamyak sekali berita-berita hoax dan kampanye hitam (black Campign) serta ujaran kebencian bersifat SARA yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu kepada adik-adik pelajar jangan ikut terpancing maupun ikut menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

“Untuk terciptanya Pilkada damai dan bermartabat harus dimulai dari prilaku pemilihnya. Karena pemilih yang cerdas akan menghasilkan pemimpin yang cerdas dan berkwalitas,”ujarnya

Mewakili insan pers, Rudi Sinaga dan Herman Surbakti menghimabau kepada para pelajar pemilih pemula agar jangan terpengaruh dengan yang namanya politi uang (money politik). Karena masa depan Dairi ada ditangan adik-adik sekalian.

“Pilihlah calon pemimpin yang sudah mempunyai rekam jejak dan visinya yang jelas, serta mampu membawa kemajuan untuk Dairi kedepan,”ucap mereka.

Pantauan wartawan, diakhir acara kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar Pilkada dan penandatangan deklarasi jangan golput oleh seluruh panitia dan pelajar yang hadir. (gun’s)