Polsek Parongil bersama Tiga Pilar Plus melaksanakan Ops Yustisi Prokes

203

Dairi – dibaktinewa.com. Polsek Parongil bersama Tiga Pilar Plus melaksanakan Ops Yustisi protokol kesehatan (Prokes). Kegiatan dilaksanakan depan SMP Negeri 1 Lae Parira Jalan Waldemar Bako, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi, Selasa (19/1/2021).

Bagi masyarakat dan pengendara kendaraan bermotor yang kedapatan tidak menggunakan masker dikenakan sanksi sosial dengan dipakaikan rompi orange dan diberi hukuman membersihkan sampah dan push up.

Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Parongil IPTU HP Purba mengatakan, giat yang dilaksanakan bersama Tiga Pilar Plus dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan pendisiplinan masyarakat terhadap Prokes untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kecamatan Silima Pungga Pungga.

“Dalam giat ini kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes dengan melaksanakan 3 M dan 1 T, yakni Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun, Menjaga jarak dan Tidak berkerumun,” sebut HP Purba.

Disamping memberikan imbauan, kata HP Purba, mereka juga memberikan sangksi sosial kepada masyarakat dan pengendara kendaraan bermotor yang melintas kedapatan tidak memakai masker.

“Sanksi sosial yang kami berikan adalah, memakaikan rompi orange bertuliskan “Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19″ dan memberikan hukuman membersihkan sampah dan push up,” ujar HP Purba.

Menurutnya, melalui Ops Yustisi ini diharapkan masyarakat menyadari betapa pentingnya mematuhi Prokes, sehingga terhindar dari penularan virus corona yang masih mewabah hingga sekarang ini.

“Hanya dengan mematuhi Prokes kita semua bisa terhindar dari penularan Covid-19. Untuk itu mari kita mulai dari diri sendiri membiasakan diri menerapkan Prokes,” ucap HP Purba.

Tiga Pilar Plus yang ikut melaksanakan Ops Yustisi, Camat Lae Parira Ratna F Sitanggang, Personel Koramil 03/Parongil, Kepala Stap Pol PP Dairi Sabar Simamora beserta anggota, Kepala Puskesmas Lae Parira Rismawati Dolok Saribu, Tim Medis Puskesmas Lae Parira.

Sedangkan dari Polsek Parongil Kanit Sabhara Aiptu Agus Azhari, BA Polsek Parongil Bripka SM Tarigan, Bhabinkamtibmas Aiptu Juspen Simbolon, Bripka AA Ginting, Bripka A Samosir, Bripka M Purba, Briptu Irjon Sihombing. fjr)