Penanganan Jalan Putus Oleh Bupati Dairi Diapresiasi Ketua KNPI Dairi

526

Dairi-dibaktinews.com – Gerak cepat yang dilakukan oleh Bupati Dairi terkait putusnya Jalan Nasional Sidikalang-Medan di Desa Sitinjo II, Panji Bako, Kecamatan Sitinjo sangat diapresiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dairi.

“Kami dari KNPI Dairi sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Bupati Dairi bersama jajarannya dalam mengatasi dampak terputusnya jalan nasional tersebut,” kata Ketua KNPI Dairi Alfriansyah Ujung ST didampingi Sekretaris Sastra Lingga, Sabtu (9/1/2021).

Disebutkan Alfriansyah, apa yang dilakukan Bupati Dairi sudah sesuai kewenangannya sebagai Kepala daerah, karena keberadaan Jalan Nasional merupakan tanggungjawab pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut.

Dalam mengatasi transportasi yang sempat terputus, Bupati Dairi melalui Dinas Perhubungan bersama Sat Lantas Polres Dairi telah melakukan pengaturan lalu lintas jalan keluar dan masuk kota Sidikalang melalui jalur alternatif.

“Ini membuktikan Bupati Dairi tanggap dengan apa yang harus dilakukan jajarannya, agar transportasi dan perekonomian masyarakat tidak terganggu,” ucap Alfriansyah.

Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi juga telah bergerak cepat melakukan pendataan lahan pertanian dan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat terkena banjir akibat putusnya badan jalan nasional.

“Sebagai bentuk rasa prihatin dengan apa yang dirasakan rakyatnya Bupati Dairi turun langsung bertemu dengan warga yang lahan pertanian dan rumahnya rusak akibat terkena banjir,” ujar Alfriansyah.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris KNPI Dairi Sastra Lingga, apa yang dilakukan Bupati Dairi menurutnya sudah sesuai tupoksinya. Karena jalan nasional sepenuhnya merupakan tanggungjawab pemerintah pusat dalam hal ini pihak BBPJN.

“Bupati Dairi telah berkoordinasi dan melakukan pertemuan dengan pihak BBPJN Sumut untuk membicarakan kondisi jalan yang terputus agar secepatnya dilakukan perbaikan,” sebut Sastra.

Ditambahkan Sastra, kepada Bupati Dairi, Kepala BBPJN Sumut Selamat Rasidi Simanjuntak mengatakan, untuk perbaikan putusnya jalan nasional di Desa Sitinjo II ditargetkan selesai dalam waktu 3 minggu. (fjr)