Kasat Lantas Polres Dairi Pantau Jalur Alternatif Keluar dan Masuk Kota Sidikalang

388

Dairi-dibaktinews.com- Putusnya Jalan Nasional Sidikalang-Medan di KM 6-7 Desa Sitinjo II, Panji Bako, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi membuat arus lalu lintas keluar dan masuk kota Sidikalang menjadi terganggu dan harus dialihkan melalui jalur alternatif yang telah disiapkan.

Memastikan arus lalu lintas di jalur alternatif tersebut aman dan lancar, Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Herliandri SH bersama personel lainya, Sabtu,  (9/1/2021) melaksanakan giat pemantauan kendaraan bermotor di 3 jalur alternatif, yakni Jalan Runding Simpang Salak Kecamatan Sidikalang yang diarahkan melalui Tigalingga, Tanah Pinem dan Tiga Binanga, Kabupaten Karo.

Jalan Rimo Bunga Dusun Lae Sirambon Kecamatan Sitinjo dan Jalan Yorim KLK Dusun Huta Tika, Kecamatan Sitinjo.

“Dari pantauan keseluruhannya yang kami laksanakan arus lalu lintas kendaraan yang melintas melalui jalur alternatif, dalam keadaan aman, lancar dan kondusif,” ucap Herliandri.

Menurut Kasat Lantas, para pengemudi kendaraan bermotor yang masuk dan keluar melintasi wilayah Kabupaten Dairi sudah mengerti dan mengikuti petunjuk serta arahan dari personel yang ditempatkan di jalur alternatif untuk menghindari jalur yang terputus total akibat terjadinya longsor.

Pihak Sat Lantas Polres Dairi juga telah menyampaikan tentang jalur alternatif hasil rekayasa lalu lintas, yakni bagi pengemudi kendaraan bermotor yang datang dari arah Aceh, Pakpak Bharat menuju Medan yang melintasi Kabupaten Dairi berjenis mobil truk bermuatan berat roda 6 keatas dialihkan jalurnya melewati Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan masuk ke Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo.

Bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat dan dua yang datang dari arah Sidikalang menuju Medan dialihkan jalurnya melalui Jalan Rimo Bunga menuju Dusun Lae Sirambon, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi.

“Sementara, bagi pengemudi kendaraan bermotor yang datang dari arah Medan menuju Sidikalang kita alihkan jalurnya melalui Jalan Yorim KLK menuju Dusun Huta Tika, Kecamatan Sitinjo,” terang Herliandri.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, Sat Lantas Polres Dairi tetap menyampaikan dan mengajak kepada para pengemudi kendaraan bermotor yang memasuki Wilkum Sat Lantas Polres Dairi khususnya yang melintasi jalur alternatif agar selalu berhati hati saat mengemudikan kendaraannya.

“Apalagi sekarang ini cuaca sering hujan dan diharapkan kepada para pengemudi untuk ikut bekerjasama dalam menciptakan budaya tertib lalu lintas demi keselamatan kita bersama,” imbau Herliandri. (fjr)