Bhabinkamtibmas Polres Madina Berikan Pelatihan Pakan Ternak

71
Bripka Timbul Rahayu memberikan pelatihan kepada masyarakat peternak kambing.

MADINA-dibaktinews.com

Bhabinkamtibmas Polres Mandailing Natal (Madina) memberikan pelatihan membuat pakan ternak permentasi kepada warga Desa Labuhan Pasir, Kecamatan Panyabungan, Sumatera Utara.

Bhabinkamtibmas Polres Madina, Bripka Timbul Rahayu mengatakan, kegiatan yang dilakukan dalam rangka menjadikan Kabupaten Madina sebagai daerah swasembada daging.

“Tidak hanya Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Madina saja yang punya andil, tetapi Polres Madina juga ambil bagian dalam peningkatan swasembada daging,” kata Bripka Timbul saat memberikan pelatihan pakan permentasi kepada peternak kambing, Senin (2/11/2020).

Disebutkan Bripka Timbul, kegiatan yang dilakukan merupakan arahan dari bapak Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi SIK M.Si. Dimana selaku Bhabinkamtibmas mempunyai peran penting di masyarakat.

“Sebagai Bhabinkamtibmas kami harus mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat, seperti pelatihan pakan ternak permentasi ini,” sebutnya..

Menurut Bripka Timbul, pembuatan pakan ternak permentasi sangat mudah dan bahannya juga mudah didapat serta tidak menyulitkan para peternak dan pakan ini sangat disukai oleh ternak kambing.

“Dengan pakan ini ternak bisa berkembang biak dengan baik dan cepat gemuk, sehingga para peternak dapat meningkatkan ekonomi bagi keluarganya,” ujarnya.

Dijelaskanya, untuk membuat pakan ternak permentasi ini bahan sangat mudah didapat, seperti dedak, ampas tahu, ampas tempe, ampas kelapa, ampas tebu, rumput, sayuran yang apkir, bonggol jangung kering, bungkil sawit, ampas ubi.

Bahan-bahahan tersebut kemudian dicampur dengan mineral kambing, garam, ema dan molase (tetes tebu) lalu dipermentasi dengan menggunakan drum atau plastik kedap udara. Kemudian ditunggu beberapa hari dan siap untuk diberikan pada ternak kambing.

“Melalui pembuatan pakan ternak yang tahan lama ini diharapkan para peternak kambing terbantu dalam memberikan pakan hijau (serat), sehingga swasembada daging khususnya di Kabupaten Madina terpenuhi. Dipastikan perekonomian masyarakat peternak meningkat dan mengurangi tindakan kriminal,” pungkasnya. (yy)