Atas Permintaan Masyarakat, Status Polsub Sektor Parbuluan Akan Ditingkatkan Menjadi Polsek

361
Kapolres Dairi mengunjungi Polsub Sektor Parbuluan.

DAIRI-dibaktinews.com

Dalam waktu dekat Polsub Sektor Parbuluan dibawah naungan Polsek Sumbul Polres Dairi akan ditingkatkan statusnya menjadi Polsek Parbuluan.

Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH didampingi Kasat Reskrim AKP Rasly Alfrianto Turnip dan Polsub Sektor Parbuluan Iptu Agus Santoso mengatakan, perubahan status Polsub Sektor Parbuluan menjadi Polsek atas permintaan masyarakat Kecamatan Parbuluan.

Dimana masyarakat melihat bahwa keamanan itu sangat berharga dan penting untuk menciptakan keamanan yang kondusif di wilayah Kecamatan Parbuluan ini.

“Atas dukungan dan permintaan masyarakat di sini, kita akan mempercepat proses peningkatan Polsub Sektor Parbuluan menjadi Polsek segera terwujud,” kata Ferio, Jumat (16/10/2020).

Dengan adanya Polsek ini nantinya, akan menjadi pemicu bagi Polres Dairi dan Polsek Parbuluan bersama-sama masyarakat menciptakan keamanan di Kecamatan Parbuluan menjadi kondusif, aman dan rukun.

“Kita akan berupaya menekan tingkat kriminalitas dengan melakukan sosialisasi hukum dan penindakan hukum jika ada yang bertentangan dengan hukum. Tujuannya untuk menciptakan keamanan dan kekondusifan itu sendiri,” ucap Ferio.

Kapolsek Sumbul AKP Deddy Syahputra Ginting SH mengatakan, perubahan status Polsub Sektor Parbuluan menjadi Polsek Parbuluan kalau dilihat dari segi geografis, jumlah kasus, tata letak dan jumlah penduduk sudah layak.

Untuk jarak tempuh dari Polsek Sumbul ke sini sangat jauh atau sekitar 22 Km. Ditambah lagi dari segi jumlah penduduk di Kecamatan Parbuluan sudah mencapai 16 ribu lebih tersebar di 11 desa.

Begitu juga dari segi kriminalitas,  rata-rata sekitar 5 kasus dalam satu bulan. Itu yang melapor, lain lagi dengan perkara-perkara yang diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

“Apalagi Kecamatan Parbuluan juga masuk daerah Kaldera Toba, sehingga menjadi lintas pariwisata dan untuk menghindari tingginya kriminalitas dan angka kecelakaan maka sangat diperlukan pelayanan dari Polri yang lebih intensif,” ujar Deddy.

Sementara, Tokoh masyarakat yang juga tokoh adat, tokoh agama dan pemegang hak ulayat di Sigalingging Kecamatan Parbuluan, Pdt Togar Sigalingging didampingi Camat Parbuluan Rafael Siringo-ringo menyambut baik kehadiran Polsek Parbuluan.

Dengan hadirnya Polsek di Kecamatan Parbuluan  diharapkan masyarakat semangkin menyadari dan mengerti tentang hukum. “Saya berharap kedepan bisa menciptakan kesadaran hukum dan kenyamanan serta ketertiban dalam berbangsa dan bernegara,”ucapnya.

Disebutkan Pdt Togar Sigalingging, sebagai bentuk kecintaan masyarakat di Kecamatan Parbuluan kepada kepolisian, maka untuk kebutuhan keberadaan kantor dan Asrama Polisi dengan terbuka hati mereka menghibahkan lahan.

“Leluhur dan orang tua kami dulu telah menghibahkan lahan untuk Polsub sektor Parbuluam seluas 6 rante. Dan sekarang ini kami juga menghibahkan lahan untuk pembangunan Asrama seluas 1 Ha,” sebut Pdt Togar.

Atas pemberian tanah yang dihibahkan tersebut, Kapolres Dairi AKBP Deddy Syahputra Ginting SH sangat terharu dan mengapresiasi niat baik yang telah dilakukan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat di Kecamatan Parbuluan.

“Apa yang mereka lakukan sebagai wujud kecintaan mereka terhadap Kepolisian RI. Ini menjadi beban dan sekaligus semangat bagi kami untuk bisa memberikan yang terbaik pengabdian kami dalam melaksanakan tugas kepolisian di Kabupaten Dairi,” terangnya. (romy)