Di Masa Pandemi Covid-19, Kapolres Dairi Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong

172
Keterangan foto : Kapolres Dairi bersama Bupati dan Dandim 0206/Dairi melakukan penanaman jagung.

DAIRI-dibaktinews.com

Mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19, Polres Dairi membentuk ‘Kampung Paten’ di Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang.

“Program ini untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong agar dikelola dan ditanami aneka tanaman, baik sayur-sayuran maupun tanaman semusim lainnya,” kata Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH saat melakukan penanaman jagung hibrida bersama Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH, Jumat (9/10/2020).

Pihak Polres Dairi, kata Ferio juga akan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bibit sayuran, baik secara alami maupun hidroponik dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, Covid-19 mengganggu segala sendi kehidupan, baik kesehatan, sosial maupun ekonomi, sehingga berpotensi memunculkan kriminalitas di masyarakat akibat terdesak urusan perut atau makan.

“Untuk itu kami membantu pemerintah dibidang ketahanan pangan, karena dimasa pandemi Covid-19 akses masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan terbatas,” ujar Ferio.

Selanjutnya, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengucapkan terimkasih  kepada semua yang hadir karena tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19, dengan memakai masker, mencuci tangan di tempat yang disediakan dan menjaga jarak.

“Penggunaan masker ini sangat penting, karena merupakan pertahanan kita dalam mencegah dan keluar dari pandemi Covid-19,” kata Eddy Berutu.

Disebutkan Eddy Berutu, akibat Covid-19 hampir semua negara maju termasuk Indonesia mengalami kesulitan, ekonomi yang selama ini bagus sekarang lagi susah.

Tekad pemerintah diseluruh jajaran termasuk Kepala Desa tak terkecuali harus ikut mengakselerasi sambil menjaga kesehatan agar pekonomian tak lagi turun ke bawah. Setidak-tidaknya bisa ditahan, sehingga tahun 2021 bisa naik lagi.

“Salah satu strateginya adalah apa yang kita lakukan hari ini, karena ekonomi harus tumbuh dan caranya petani harus bergairah agar produksi bisa naik,” sebut Eddy Berutu.

Berikutnya menurut Eddy Berutu masalah ketahanan pangan, hal ini diukur dari kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Semangkin tersedia kebutuhan pokoknya maka ketahanan pangannya bagus.

“Apa yang kita tanam hari ini secara tidak langsung menunjang ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Dairi,” ucap Eddy Berutu.

Sementara Dandim 0206/Dairi, Aditya Yuni Nurtono SH mengatakan, dimasa pandemi Covid-19 kata Presiden Jokowi sektor yang masih bisa bertahan adalah sektor pertanian. Dimana 16 persen kemajuan ekonomi tahun ini didukung dari sektor pertanian.

“Apabila pertanian di Desa Kalang Simbara ini maju, maka akan menjadikan Kabupaten Dairi Unggul,” kata Adietya.

Adietya menambahkan, bahwa TNI-Polri siap membantu masyarakat dan mendukung program pemerintah terutama Pemkab Dairi.

Pada kesempatan Kapolres Dairi bersama Bupati Dairi dan Dandim 0206/Dairi juga melakukan kunjungan ke rumah singgah Covid-19 dan meresmikan Pos Satkamling di Perumnas Desa Kalang Simbara.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, Kadis Pertanian  Ketahanan Pangan dan Perikanan Dairi, Camat Sidikalang, Kepala Desa Kalang Simbara, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Desa Kalang Simbara serta jajaran Polres Dairi.(gun’s)