Peringati Hari Jadi Kabupaten Dairi Ke-73, Bupati Launching Aplikasi Pelayanan Publik

176
Keterangan foto : Bupati bersama Wakil Bupati Dairi dan Ketua TP PKK melakukan pemotongan kue.

DAIRI-dibaktinews.com-DAIRI

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Dairi Ke-73, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu melakukan launching aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online (Perkebbas) di Gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, Kamis (1/10/2020).

Aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online merupakan terobosan baru yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, aplikasi Perkebbas sudah dapat digunakan oleh masyarakat Dairi untuk mengurus penerbitan Kartu Keluarga (KK) baru, karena perubahan data, hilang atau rusak, permohonan KTP, akta kelahiran dan akta perkawinan.

Untuk ke 6 pelayanan administrasi kependudukan tersebut dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan.

“Pelayanan pencatatan sipil melalui aplikasi Perkebbas akan sangat membantu masyarakat, dimana ke depan pada saat masyarakat mendapatkan layanan persalinan di rumah sakit maupun di Puskesmas, akan langsung bisa diterbitkan akte lahir anak dan perubahan KK,” kata Eddy Berutu.

Dalam kesempatan itu, ia juga melaunching website disperpusip.dairikab.go.id. milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi. Dengan adanya website tersebut, diharapkan layanan perpustakaan dan kearsipan, membudayakan membaca serta menggunakan literasi dengan bijak.

Lebih lanjut, Eddy Berutu menyampaikan, beberapa capaian kinerja yang telah dan sedang dilakukan sebagai upaya perbaikan dan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Dairi.

Antara lain, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam mengelola dan mengatur distribusi pupuk bersubsidi, telah menerbitkan Kartu Tani yang bekerja sama dengan Bank BNI.

Di sektor pendidikan, Pemkab Dairi melakukan terobosan dengan menyediakan bus sekolah gratis untuk mengangkut siswa berangkat dan pulang sekolah. Fasilitas bus gratis di peruntukkan untuk jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum dimana anak-anak sekolah kesulitan dari rumah menuju sekolah.

“Fasilitas bus gratis ini kita harapkan akan terus bertambah dan saat ini kita telah mengajukan pengadaan bus sekolah gratis sebanyak 15 unit melalui Kementrian Perhubungan,  semoga bisa terealisasi pada tahun 2021 mendatang,” sebut Eddy Berutu.

Untuk beberapa sektor lainnya Pemkab Dairi telah mendorong dan menerapkan pelaksanaan transaksi non tunai dalam setiap melakukan pembayaran. Salah satunya dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Utara.

“Transaksi non tunai untuk pengembangan ekonomi daerah dan keuangan digital melalui program QRIS (Quick Respon Code Indonesia Standard) yang menjadi aura baru bagi Indonesia dalam dunia transaksi keuangan,” ucap Eddy Berutu..

Acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73 ditandai dengan pemotongan kue dan tumpeng oleh Bupati Dairi dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu.

Selain itu dilaksanakan penyerahan cinderamata berupa tenun ulos Silahisabungan kepada mantan Bupati dan Wakil Bupati Dairi serta mantan Ketua DPRD Dairi, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi. (junitha)