Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang Pantau Peralatan BMKG di Dairi

193
Keterangan foto : Bupati bersama  OPD Pemkab Dairi dan Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang melakukan serah terima alat pendeteksi bencana.

DAIRI-dibaktinews.com

Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang Sumut dipimpin, Teguh Rahayu lakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi, Selasa (1/9/2020). Kunjungan Tim Geofisika diterima Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di ruang rapat bupati.

Pada pertemuan itu, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, Kabupaten Dairi merupakan daerah yang sangat rawan akan terjadinya bencana. Walaupun Dairi diberikan tanah yang subur, alam yang asri serta masyarakatnya yang pekerja keras, tetapi jika tidak dijaga dengan baik maka akan dapat menimbulkan bencana.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang, karena telah memasang alat pendeteksi bencana di Kabupaten Dairi. Semoga dengan adanya alat tersebut dapat mencegah terjadinya kesulitan bagi masyarakat jika terjadi suatu bencana,” kata Eddy Berutu.

Dengan adanya alat tersebut, Eddy Berutu meminta kepada jajaran Pemkab Dairi khususnya BPBD, agar dengan gerak cepat untuk mempelajari bagaimana teknis dari penggunaan alat pendeteksi bencana, yakni Display WRS New Generation yang telah dipasang oleh Tim Satuan Geofisika Deli Serdang.

Selanjutnya melakukan koordinasi dengan pihak TNI-Polri agar dapat saling bersinergi dalam penggunaan alat tersebut, karena TNI dan Polri juga merupakan satuan kerja bagian dari Pemerintah untuk menjaga keselamatan masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita akan segera buat prosedurnya dan kita sampaikan kepada masyarakat, bahwa Kabupaten Dairi telah memiliki alat untuk pendeteksi terjadinya bencana,” ujarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu menjelaskan, kunjungan yang mereka lakukan untuk memantau berbagai peralatan BMKG yang telah terpasang di Kabupaten Dairi, serta memantau potensi potensi bencana gempa yang terdapat di Kabupaten Dairi lewat peralatan itu.

Dengan dipasangnya peralatan BMKG, ia berharap dapat membantu Pemerintah Kabupaten Dairi tentang kebencanaan dan memberikan informasi secara cepat kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi bisa diselamatkan.

“Di Sumut, alat pendeteksi bencana ini telah terpasang di 11 titik lokasi, salah satunya di Kabupaten Dairi ini,” sebutnya.

Di kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan alat pendeteksi bencana oleh Bupati Dairi disaksikan oleh Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPBD Dairi Sahala Tua Manik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dairi Amper Nainggolan serta Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Dairi Efendi Berutu. (junitha)