Syukuran Hari Jadi Polwan Ke-72, Polres Dairi Potong Tumpeng 

135
Keterangan foto : Kapolres Dairi didampingi Ketua Bhayangkari melakukan pemotongan Tumpeng.

DAIRI-dibaktinews.com

Kapolres Dairi AKBP Leonardo D. Simatupang SIK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Dairi Ny Lusiana Leonardo melakukan pemotongan nasi tumpeng. Kegiatan itu dalam rangka syukuran Hari Jadi Polwan Ke-72 yang dilaksanakan di Aula Kamtibmas Mapolres Dairi, Jalan Sisingmangaraja, Sidikalang, Selasa (1/9/2020).

Kapolres Dairi AKBP Leonardo D Simatupang SIK mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil, baik pejabat utama maupun rekan-rekan anggota yang sudah berpartisipasi dalam pelaksanaan Hari Jadi Polwan Ke-72 ini.

Perlu diketahui bersama, bahwa Polwan lahir di Bukit Tinggi pada, 1 September 1948 saat pemerintahan darurat Republik Indonesia menghadapi agresi militer Belanda II. Dimana terjadi pengungsian besar-besaran pria, wanita dan anak-anak untuk menjauhi titik peperangan. Untuk mencegah adanya penyusup maka setiap orang harus diperiksa, namun para wanita merasa keberetan jika digeledah oleh pria.

“Dari situlah awal datangnya ide Pemerintah Indonesia untuk menunjuk sekolah Polisi Negara di Bukit Tinggi membuka jalur pendidikan inspektur Polisi bagi para wanita,” sebut Leonardo dalam amanatnya.

Kisah perjuangan para perintis Polwan di Bukit Tinggi hendaknya dapat dikenang dan diketahui oleh generasi Polwan masa kini. Karena dengan memahaminya, maka dapat memaknai nilai-nilai perjungan para perintis Polwan sebagai landasan semangat dalam memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Leonardo, sekarang ini peran Polwan terhadap negara Indonesia tidak bisa dilupakan. Polwan telah banyak mengukir prestasi di institusi kepolisian dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat, serta menduduki jabatan-jabatan yang ada di kepolisian bahkan di dunia internsional Polwan telah membuktikan prestasinya.

Berbagai prestasi tersebut tentunya, semangkin menambah kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap Polwan. “Namun, demikian kita menyadari, bahwa Polwan mengemban peran kompleks sebagai anggota Polri dalam kehidupan kedinasan, istri dan ibu bagi anak-anak dalam kehidupan keluarga serta masyarakat dalam kehidupan sosial,” ujar Leonardo.

Harapan kedepan kiranya Polwan Indonesia akan selalu tergerak untuk menjadi sirikandi-srikandi Bhayangkara yang tangguh dan mampu membawa nama besar Polri dalam setiap tugas pengabdian yang dibebankan kepadanya.

“Polwan adalah srikandi terbaik untuk memberikan pelayanan kepada bangsa ini dalam mensukseskan visi Polri dalam mewujudkan Polri yang semangkin profesional, modern dan terpercaya,” ucap Leonardo.

Dikahir amanatnya, selaku Kapolres Dairi, Leonardo mengucapkan Hari jadi Polwan Republik Indonesia Ke-72. Semoga Polwan diseluruh Indonesia semangkin meningkatkan peran sertanya dalam melaksanakan tugas yang diberikan negara, khususnya dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif, sehingga masyarakat semangkin produktif.

Hari jadi Polwan yang mengambil Thema “Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif “ dihadiri para Kasat Fung, Kapolsek Sejajaran para Perwira Staf, personil gabungan Bag dan Staf, personil Polwan dan  pengurus Bhayangkari serta personil ASN Polres Dairi. (fajar)