Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Pemkab Dairi Adakan Lomba Pidato Tingkat SLTA Sederajat

385
Keterangan foto : Bupati Dairi dan wakil menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba pidato.

DAIRI-dibaktinews.com

Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, Pemkab Dairi melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah, mengadakan lomba pidato tingkat SLTA sederajat. Kegiatan dilaksanakan di Aula Pusdipra Sidikalang, Jumat (7/8/2020) .

Lomba pidato dibuka langsung Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing, SH, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Johnny Hutasoit serta Kepala Bagian Kesra Antonius Sinaga, SE.

Dalam sambutannya, Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, peringatan HUT RI yang setiap tahunnya dilaksanakan dengan upacara di stadion untuk tahun ini tidak akan dilaksanakan, karena adanya wabah Covid-19. Namun, semangat kemerdekaan harus tetap  diperingati dan ditanamkan dalam jiwa masing-masing.

Disebutkannya, melalui lomba pidato yang dilaksanakan ini bisa menjadi salah satu bentuk untuk memperingati dan menjiwai semangat kemerdekaan yang akan dirayakan pada tanggal 17 Agustus nanti.

“Peringatan kemerdekaan menjadi sangat penting untuk membangun karakter, untuk kembali ke dalam harkat dan martabat. Kita ingat kembali peristiwa kemerdekaan itu, itulah yang menyatukan kita dalam menjalankan tugas kita masing-masing sebagai anak bangsa,” kata Eddy Berutu.

Kepada para generasi muda khususnya para peserta yang akan bertanding dalam lomba pidato Eddy Berutu mengutarakan, bahwa generasi muda akan menjadi penerus harapan bangsa, karena saat ini telah banyak terjadi perubahan baik itu di era digitalisasi, pertanian maupun perdagangan.

Oleh karena itu kepada para generasi muda, untuk segera dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut, sehingga nantinya dapat menjadi pemimpin dalam membangun bangsa ini untuk lebih cepat lagi ke depan.

Kepada para peserta lomba pidato, Eddy Berutu berpesan agar bertanding secara sportif, karena para peserta yang akan berlomba merupakan orang-orang pilihan dan yang terbaik dari masing masing sekolah.

“Selamat mengikuti pertandingan, profesionalisme harus dijaga, taat dengan keputusan dewan juri dan marilah kita rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan semangat yang tinggi dan dengan penuh kesederhanaan,” sebutnya.

Sementara Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing menyampaikan, berpidato itu adalah bagaimana menyampaikan informasi kepada pendengarnya, memberikan informasi yang sifatnya membangun, serta diperlukannya kepercayaan diri yang tinggi. Kunci pidato adalah public speaking, penggunaan intonasi yang jelas serta mampu untuk berimprovisasi.

“Saya yakin adik-adik adalah orang yang luar biasa, karena mereka yang memiliki kemampuan public speaking adalah generasi emas yang nantinya akan besar dimasa depannya,” sebut Jimmy..

Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Bagian Kesra menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti lomba pidato ada sebanyak 21 orang. Lomba pidato hanya di ikuti oleh pelajar tingkat SMA/SMK Kecamatan Sidikalang.

“Mengingat situasi dan kondisi saat ini yang masih terjadi pandemi Covid-19. Kami berharap para peserta lomba dapat menanamkan semangat dan nilai-nilai juang kepahlawanan kepada para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa,” terang Antonius Sinaga.

Pemenang dalam lomba pidato untuk tingkat putera, juara I diraih oleh Samuel Sitohang dari SMA Negeri 1 Sidikalang, Juara II diraih oleh Fourman Samosir dari SMK Swasta Prima Sidikalang, Juara III diraih oleh Benget Simamora dari SMA Negeri 2 Sidikalang, Juara IV diraih oleh Domister Sihotang dari SMA Methodist Sidikalang, Juara V diraih oleh Gomos Sianturi dari SMK Negeri 1 Sidikalang dan juara VI diraih oleh Niko Malau dari SMK Swasta HKBP Sidikalang.

Untuk tingkat Puteri,  Juara I diraih oleh Elsi Sinaga dari SMA Negeri 1 Sidikalang, Juara II Diraih oleh Doris Sitinjak dari SMK Swasta HKBP Sidikalang, Juara III diraih oleh Seni Situmorang dari SMK Swasta Prima Sidikalang, Juara IV diraih oleh Zulsahyani Limbong dari SMK Negeri 1 Sidikalang, Juara V diraih oleh Masta Sitorus dari SMA Negeri 2 Sidikalang dan juara VI diraih oleh Prianty Pakpahan dari SMK Swasta Arina Sidikalang. (junitha)