Ustad Irwan Sidebang Ajak Umat Islam Sisihkan Rejeki Untuk Berkurban

153
Ustad Irwan Sidebang menyampikan kutbah Idul Adha.

DAIRI-dibaktinews.com

Ditengah pandemi Covid-19 yang sedang mewabah saat ini,  tidak menghalangi umat islam di Kabupaten Dairi, khususnya di Kecamatan Sidikalang untuk merayakan dan melaksanakan sholat Idul Adha 1441 H serta penyebelihan hewan kurban, Jumat (31/7/2020).

Sejak pagi umat islam, yang terdiri dari orang tua, remaja dan anak-anak  berbondong-bondong memenuhi lokasi halaman Mesjid Agung Sidikalang untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Sebagai khotib dan imam dalam pelaksanan sholat tersebut, ustad  Irwan Sidebang. Dalam khutbahnya ia menyampaikan, hari ini disebut hari Idul Adha yang artinya hari penyembelihan.

Allah menguji Nabi Ibrahim dengan perintah untuk menyembelih anaknya tercinta, dan Nabi Ibrahim dan Ismail pun menunjukkan keteguhan, ketaatan dan kesabaran mereka dalam menjalankan perintah itu. Lalu Allah menggantikan dengan sembelihan besar, yakni berupa domba jantan dari surga.

Pada saat penyembelihan hewan tersebut, para Malaikat senantiasa menyeru kepada Allah SWT dengan bertakbir demi mengagungkan kebesaran Allah SWT atas kesabaran yang dimiliki Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah yang dahsyat dan berat sekali.

Kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail itulah kemudian menjadi awal mula penyembelihan hewan kurban setiap Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, 10 Dzulhijjah.

“Melalui hari Raya Idul Adha kita bisa mengambil pelajaran, kisah Nabi Ibrahim. Dimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sangat kuat terhadap ujian dari Allah SWT,” kata ustad Irwan Sidebang.

Di akhir khutbahnya, ustad Irwan Sidebang  mengajak umat islam untuk menyisihkan sebagian rejeki untuk berkurban kepada Allah SWT. Karena itu kelak akan menjadi bekal menghadap Allah SWT.

Usai pelaksanaan sholat, Ketua BKM Mesjid Agung Sidikalang Drs H. Dunggar Angkat mengatakan, sholat Idul Adha 1441 H tahun ini tetap kita laksanakan seperti biasa. Namun, pelaksanaanya sedikit berbeda karena adanya wabah Covid-19.

“Pada pelaksanaan sholat ini, kita tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Kita mengimbau kepada para jemaah yang akan melaksanakan sholat mencuci tangan ditempat yang kita sediakan dan membawa perlengkapan sholat dan masker dari rumah masing-masing,” kata Dunggar.

 

Sementara, ketika ditanya hewan kurban yang akan disembelih tahun ini, Dunggar menjelaskan, hewan ternak yang akan disembelih, lembu sebanyak 7 ekor dan kambing 24 ekor.

“Daging dari hewan qurban ini nantinya akan kita bagikan kepada umat islam jemaah mesjid Agung Sidikalang yang sebelumnya kita berikan kupon,” sebut Dunggar. (fajar)