Danyonif 8 Marinir Melepaskan 5000 Ekor Anak Penyu Di Pulau Berhala

195
Danyonif 8 Mar melepas anak penyu ke laut.

SUMUT-dibaktinews.com

Danyonif 8 Mar, Letkol Marinir Imam Supriyanto, M.Tr. Opsla melepaskan 5000 ekor anak penyu (Tukik) ke laut. Kegiatan itu bertempat di Pulau Berhala, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Sabtu (11/07/2020).

Pelepasan Tukik tersebut sebagai wujud kepedulian TNI khususnya Korps Marinir dalam menjaga ekosistem laut, serta melestarikan habitat hewan laut.

Danyonif 8 Mar, Mar Letkol Marinir Imam Supriyanto, M.Tr. Opsla  menyampaikan, bahwa pihaknya berkeinginan mendorong kepedulian warga untuk melestarikan habitat penyu dengan tidak memperjual belikan telur-telurnya, karena apabila telur-telur yang ditetaskan di pantai ini bisa hidup selamat sampai dewasa, kelak ia akan kembali ke pantai ini untuk bertelur.

“Puluhan anak Penyu yang dilepaskan tersebut merupakan hasil penetasan telur dari para personel Satgas Puter yang berada di Pulau Berhala,” kata Imam.

Menurutnya, Pantai Pulau Berhala merupakan daerah yang menjadi tempat pendaratan penyu untuk bertelur. Untuk itu marilah rawat dan jaga kebersihan pantai, karena penyu hanya mau mendarat dan bertelur di tempat tertentu saja, daerah yang bebas polusi.

Imam berharap pada seluruh personel yang ikut pada acara pelepasan Tukik ini untuk ikut meningkatkan rasa memiliki, serta kepedulian tinggi terhadap kelestarian penyu dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, tidak ikut-ikutan menangkap dan menjual hewan penyu yang dilindungi oleh pemerintah ini.

“Mudah-mudahan pelestarian penyu ini dapat menyadarkan masyarakat sekaligus menggugah instansi lain untuk ikut melaksanakan kegiatan serupa serta mengawasi hewan penyu dari tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya. ™