Bupati Dairi Buka Temu Karya Karang Taruna Tahun 2020

165
Bupati Dairi memberikan pengarahan di acara Temu Karya Karang Taruna.

DAIRI-dibaktinews.com

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri dan membuka temu karya karang taruna Kabupaten Dairi Tahun 2020 yang dilaksanakan di gedung Sada Ahmo, Jalan Empat Lima Sidikalang, Rabu (8/7/2020).

Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk memilih Ketua Karang Taruna yang Baru, karena Ketua sebelumnya, Carles Tamba telah mengundurkan diri.

Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Dedi Dermawan dalam sambutannya mengatakan. Karang Taruna hadir untuk dapat membantu dan saling bersinergi dalam mewujudkan visi misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Dairi.

“Untuk mewujudkan visi misi tersebut, Karang Taruna harus memiliki sumber daya manusia yang unggul, karena tanpa sumber daya manusia yang unggul maka potensi sumber daya alam tidak dapat kita kembangkan,” kata Dedi.

Disebutkan Dedi, Karang Taruna Provinsi sebelumnya telah melakukan MoU dengan beberapa Universitas khususnya di bidang Pertanian, sehingga para lulusannya dapat mengembangkan ilmu yang mereka dapat di bidang pertanian di kampung halaman masing-masing, khususnya di Dairi.

“Kita ketahui Dairi ini luar biasa sumber daya alamnya dan tanahnya subur untuk pertanian, sehingga perlu pendampingan dalam hal teknologi pertanian,” ucapnya.

Sebelum membuka kegiatan, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, Temu Karya diharapkan membawa semangat baru kepada para kader Karang Taruna Kabupaten Dairi dalam mewujudkan program dan sekaligus membantu mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Dairi ‘Menuju Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Menurutnya, Temu Karya Karang Taruna merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan di tingkat Kabupaten yang diharapkan dapat memberikan kontribusi, sumbangsih pemikiran dan kerja demi Kabupaten Dairi yang tercintai ini.

“Kami berharap Karang Taruna dapat menjadi agen perubahan, dimana Kabupaten Dairi berupaya menjadi pelopor standar acuan untuk pertanian di Provinsi Sumatera Utara. Jangan sia siakan kepercayaan itu, karena kita memiliki lahan pertanian yang subur. Sehingga kepercayaan yang diberikan bisa memberikan sumbangsih kepada Kabupaten Dairi dan seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara,” ujar Eddy Berutu.

Dalam meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Kabupaten Dairi, pemanfaatan teknologi akan segera diterapkan dan bisa segera mencanangkan Dairi 4.0.

“Pencanangan 4.0 ini akan berhasil jika anak-anak muda yang ada di Dairi turut berpartisipasi. Generasi yang sesungguhnya adalah generasi yang muda, kalau kita mau bersemangat pasti dapat kita wujudkan,” ucap Eddy Berutu.

Kepada Karang Taruna di Kabupaten Dairi, Eddy Berutu meminta untuk segera berbenah dan mengambil peran, karena keberadaan Karang Taruna sangat dibutuhkan serta diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan program prioritas pemerintah.

Lebih lanjut Eddy Berutu menuturkan, bahwa dalam waktu dekat Pemkab Dairi akan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Bank Indonesia untuk membantu digitalisasi pembayaran di Kabupaten Dairi. Salah satu rencana kegiatannya pada Festival Kopi virtual yang direncanakan akan diperkenalkan pada hari jadi Kabupaten Dairi tahun 2020 ini.

Bentuk kerjasama lainnya dengan Bank Indonesia, Pemkab Dairi akan memberikan ruang kepada praktisi sektor kreatif dengan mengadakan konser online sekaligus memperkenalkan transaksi non tunai. Eddy Berutu juga mengajak seluruh anak-anak muda di Kabupaten Dairi khususnya yang tergabung dalam Karang Taruna untuk berani menjawab tantangan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa dalam mempelopori Desa Digital.

“Kita sudah menjajaki kerjasama dengan Telkom dan German University untuk membantu mewujudkannya melalui satu project, yakni Silalahi Digital Centre yang ada di Silahsiabungan,” ungkap Eddy Berutu.

Temu Karya Karang Taruna dihadiri  Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara Dedi Dermawan didampingi Sekjen M. Akhiruddin Nasution dan Ketua Karang Taruna se-Kabupaten Dairi.

Jetun Tampubolon, S.Kel yang terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi masa bakti tahun 2020-2025 dalam Temu Karya Karang Taruna Tahun 2020 mengatakan, sebagai Ketua terpilih siap mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Dairi.

Editor : Fajar Gunawan.