Kodim 0206/Dairi Bakti Sosial Donor Darah Sambut HUT Kodam I/Bukit Barisan Ke-70

437
Dandim 0206/Dairi foto bersama dengan para pendonor.

DAIRI-dibaktinews.com

Menyambut HUT Kodam I/Bukit Barisan, jajaran Kodim 0206/ Dairi melaksanakan bakti sosial donor darah. Kegiatan bertempat di Makodim, Jalan Gereja, Kecamatan Sidikalang, Selasa (9/6/2020). Dengan mengambil tema ‘Kita Sehat, Kita Semangat, Indonesia Kuat’.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi, jam 09.00 WIB dikuti para personil TNI Kodim 0206/Dairi, pengurus Persit KCK Cabang XLII Kodim 0206/Dairi, Personil Sub Denpom1/2-4 Dairi, Personil Kompi B/C Yonif 125/Simbisa Sidikalang, Personil Polres Dairi dan Ormas yang ada di Kabupaten Dairi.

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH didampingi Ketua Persit, Ny Yeni Hadi Purwanto kepada wartawan mengatakan, bakti sosial donor darah yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Kodam I/ Bukit Barisan. Kegiatan ini dilaksanakan seluruh Kodim di wilayah Kodam I/Bukit Barisan.

“Sekarang ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19, dimana keterbatasan orang untuk melaksanakan donor darah di rumah sakit. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk penyediaan darah bagi yang membutuhkan nantinya,” kata Hadi Purwanto.

Disebutkannya, dalam pelaksanaan donor darah, Kodim 0206/Dairi bekerjasama dengan tim medis dari PMI Dairi, RSUD Sidikalang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi.

“Hasil dari donor darah yang kita laksanakan, nantinya akan disumbangkan ke PMI dan RSUD Sidikalang,” ujar Hadi Purwanto.

Dengan kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan jajaran Kodim 0206/Dairi, Hadi Purwanto berharap dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Melalui kegiatan ini, kita juga mengimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Dairi, bisa mendonorkan sedikit darahnya untuk membantu warga lain yang membutuhkan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Seketaris PMI Dairi, Sahala Siagian. Menurutnya aksi donor darah yang dilaksanakan bekerjasama dengan Kodim 0206/Dairi, atas inisiasi Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH.

“Dengan pelaksanaan donor darah ini, bisa dimanfaatkan bagi orang dan masyarakat Dairi yang membutuhkan,” sebutnya..

Diungkap Sahala, saat ini untuk stok darah masih kurang, karena PMI Dairi belum memiliki Unit Donor Darah (UDD). Sehingga untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien atau masyarakat pihak PMI melakukan kerjasama dengan RSUD Sidikalang.

“Untuk keperluan donor darah melibatkan tenaga medis, sehingga dalam pelaksanaanya kita selalu berkoordinasi dengan Direktur RSUD Sidikalang,” ucap Sahala.

Ditambahkan Sahala, kegiatan ini juga sebagai sosialiasi kepada masyarakat untuk memunculkan jiwa-jiwa relawan donor, sehingga kebutuhan darah di PMI Dairi bisa terpenuhi. (romi)