Peduli Covid-19, GP Ansor Dairi Berbagi Paket Sembako Kepada Masyarakat

220
GP Ansor Dairi membagikan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19.

DAIRI-dibaktinews.com

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Dairi melaksanakan aksi sosial pembagian paket sembako. Kegiatan untuk membntu masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 yang berda di Kecamatan Sidikalang.

Kegiatan pembagian sembako dikomandoi langsung  Ketua GP Ansor Dairi, Kamidun Solin, S.Pd.I didampingi Satkorcab Banser. Mereka mendatangi satu persatu rumah  masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 yang sebelumnya telah mereka data.

Kamidun Solin mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bentuk kepedulian GP Ansor Dairi kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19. Untuk pelaksanaan pembagian dilakukan selama dua hari, sesuai sebaran data penerima yang telah dihimpun.

“Paket sembako akan kami distribusikan kepada masyarakat sesuai data penerima yang telah kami kumpulkan selama tiga hari. Dalam pembagian sembako ini kita berupaya agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran,” kata Kamidun Solin, Kamis (21/5/2020).

Sementara, koordinator kegiaataan Selamat Bahagia Maha M.Si menyampaikan, selain paket sembako, GP Ansor juga berbagi masker gratis serta melakukan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.

“Edukasi yang kami berikan tentang panduan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, baik yang disampaikan secara langsung maupun dengan menyebarkan poster-poster. Ini menjadi penting mengingat dalam waktu dekat umat Islam akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1441H,” ujar Maha.

Dalam poster selebaran itu menurut Maha,  tertulis informasi yang disadur dari Fatwa MUI No. 28 Tahun 2020 tentang panduan kaifiat (tata cara) takbir dan shalat Idul Fitri di tengan pandemi Virus Corona.

Disamping itu juga berisi langkah pencegahan covid-19 pada saat pelaksanaan sholat Idul Fitri secara berjama’ah, seperti memakai masker, membawa sajadah sendiri, selesai shalat agar langsung pulang. Bagi yang memiliki gejala pilek, sakit tenggorokan, flu, dan demam diatas 38 derajat celcius, agar shalat di rumah.

“Menghindari kontak fisik, mengutamakan sholat ditempat terbuka. Bagi masyarakat yang baru mudik/ pulang kampung belum genap 14 hari sebaiknya sholat sendiri (munfarid) di rumah,” terang Maha.

Masyarakat penerima bantuan paket sembako terlihat merasa terharu dan mengucapkan berterimakasih. Saat berpamitan seorang ibu melambaikan tangan seraya menyampaikan do’a kiranya GP Ansor Dairi semakin solid, dan seluruh keluarga dimurahkan rezeki dan dilindungi Tuhan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (20-21/5/2020),  PC GP Ansor telah mendistribusikan paket sembako kepada sejumlah masyarakat di Kelurahan Sidiangkat dan Kuta Gambir, Panji Dabutar, Desa Kalang dan Desa Bintang Mersada. Untuk Kecamatan Sitinjo dilaksanakan di Desa Sitinjo 1. (sm)