Kantor Kepala Desa Sungai Raya Didatangi Ibu-ibu Pertanyakan Bansos

152
Ibu-ibu yang mendatangi Kantor Kepala Desa Sungai Raya.

DAIRI-dibaktinews.com

Belasan ibu-ibu datangi Kantor Kepala Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi, Jumt (15/5/2020). Mereka mempertanyakan Bantuan Sosial (Bansos) yang dijanjikan pemerintaah kepada masyarakat terdampak wabah Virus Corona (Covid-19).

Marlina Gulo (35) warga Dusun Kuta Delleng kepada wartawan mengatakan, kedatangan mereka untuk mempertanyakan Bansos yang dijanjikan pemerintah kepada warga yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19). Karena sejak adanya pandemi itu warga tidak boleh keluar rumah, sehingga tidak bisa bekerja ke ladang.

“Kami lihat di televisi dan berita di media sebagian bantuan sudah mulai disalurkan. Namun, sampai sekarang kami tidak pernah didata untuk mendapat bantuan,” kata Marlina.

Disebutkan Marlina, ketika hal itu mereka tanyakan kepada Kepala Dusun (Kadus) jawabannya tidak memuaskan dan menyenangkan. Malah membuat warga curiga dan akhirnya sepakat mendatangi Kantor Kepala Desa.

“Saat kami tanya sama Kadus, jawabanya kalian tidak terdata, karena Kartu Keluarga (KK) kalian tidak jelas. Kalaupun dapat bantuan pribadi-pribadilah nanti datang kerumah,” sebut Marlina menirukan ucapan Kadus.

Begitu juga dengan, Ayu Adira Pandiangan (36) menurutnya, selama ini mereka belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah, baik itu PKH, Raskin dan Bansos bagi warga terdampak Covid-19.

“Jangankan untuk mendapat bantuan, didata aja pun tidak pernah. Padahal kami sekarang juga susah akibat dampak Covid-19. Hasil pertanian kami tidak ada harganya, sehingga kami berharap bisa mendapat bantuan dari pemerintah,” ungkap Ayu Adira.

Mewakili Kepala Desa, Sekdes Limson Simbolon mengatakan, kedatangan warga ke Kantor Kepala Desa hanya kesalahan komunikasi saja. Semua warga kurang mampu terdampak Covid-19 di Desa Sungai Raya akan mendapat bantuan, tetapi sumbernya berbeda-beda.

“Bantuan untuk warga miskin terdampak pandemi corona, ada dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa. Jadi semua warga  pasti dapat bantuan tapi harus bersabar,” ucap Simbolon.

Dijelaskan Simbolon, Semua warga yang mendapat bantuan sudah terdata dan hanya menuggu danaya turun. Sampai saat ini bantuan yang disalurkan pemerintah ke Desa Sungai Raya masih Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Ini data semua warga yang mendapat bantuan, “kata Simbolon seraya menunjukan selembar kertas kepada warga.

Saat ditanya, apakah pendataan kepada warga yang mendapat bantuan dilakukan langsung ke rumah-rumah warga. Simbolon menjawab, nggak perlu lagi mendata langsung ke rumah-rumah, karena semua KK warga ada di sini.

“Data KK warga sudah lengkap disini. Jadi, nggak perlu lagi mendata satu persatu kerumah-rumah warga.” ujar Simbolon. (romi)