Bupati Dairi Serahkan Bantuan Sembako Kepada Tutor PAUD di Kecamatan Sidikalang

316
Bunda PAUD didampingi Bupati Dairi membagikan Bantuan sembako.

DAIRI-dibaktinews.com

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Bunda PAUD, Romy Mariani Eddy Berutu menyerahkan bantuan sembako kepada Penyelenggara tutor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdampak Virus Corona (Covid-19).

Kegiatan penyerahan bantuan sembako dilaksanakan di halaman Kantor Camat Sidikalang, Senin (11/5/2020) dihadiri, Plt Kadis Pendidikan Besli Pane, Camat Sidikalang, Robot Simanullang.

Dalam sambutannya Bunda PAUD Kabupaten Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu menyampaikan, Wabah Virus Corona (Covid-19) membuat segala aktivitas masyarakat terganggu, seperti yang dialami para penyenggra dan tutor PAUD yang ada di Kabupaten Dairi.

Disebutkan Romy, sebelumya pada Sabtu (9/5) Pemkab Dairi telah mendatangi penyelenggara dan tutor PAUD. Dairi situ diketahui, bahwa totor PAUD masih melakukan aktivitas belajar sambil bermain kepada murid-murid PAU. Para orang tua murid juga mulai berat untuk membeli paket data, sehingg susah dilakukan komunikasi belajar lewat online (Daring).

“Jadi, totor PAUD harus mendatangi rumah masing-masing murid supaya kegiatan belajar sambil bermain tetap bisa berlangsung. Kami sangat menghargai apa yang dilakukan oleh para tutor Paud semuanya,” kata Romy.

Lebih lanjut Romy mengatakan, para murid PAUD ini merupakan generasi emas yang akan melnjutkan pembagunan di Kabupaten Dairi nantinya. Tanpa peran serta dari para bapak dan ibu tutor PAUD tentu akan berbeda ceritanya.

“Sekarang orang tua murid juga sudah berat untuk membayar uang sekolah anak-anaknya. Oleh karena itu kami sangat merasahkan kesulitan yang dilalami para tutur PAUD semuanya. Kami juga memohon kesabaran dan doa-doa dari kita semua, agar bisa melewati situasi ini dengan baik,” sebut Romy.

Atas petunujuk Bupati Dairi, maka sebagai bentuk kepedulian Pemkab Dairi terhadap para tutor PAUD, pada hari ini memberikan bantuan sembako. Yang mana donasi ini terkumpul atas kemurahan hati dari ASN dan Bupati Dairi yang menyisihkan sebagian dari gaji mereka.

“Bantuan sembako ini yang bisa kami berikan pada saat ini kepada para penyelenggara dan tutor PAUD. Semoga ini bisa sedikit membantu beban kita semua dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Romy.

Sementara Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, Apa yang dialami bangsa Indonesia sekarang ini juga melanda seluruh dunia. Bahkan presiden dan mentri juga terkena keganasan virus ini. Untuk itu jangan berkecil hati, karena apa yang dialami rakyat indonesia sekarang ini, juga dialami seluruh umat manusia seluruh dunia.

“Sekarang ini kita tidak yang paling susah, masih banyak masyarakat kita yang paling susah dan itu yang menjadi perhtian pemerintah. Kita ingin mengetahui siapa sauadara-saudara kita yang betul-betul susah dan kalau tidak dibantu mereka akan akan jatuh. Oleh karena itu tetaplah sensitif dan lihat tetangga, kalau mereka lebih susah marilah berbagi dan membantunya,” ujar Eddy Berutu.

Diungkapkan Eddy Berutu, persaudaraan nasional, ikatan batin dan keikhlasan masyarakat saat ini sedang diuji. Melalui persaudraan harus bisa saling membantu.

“Bantuan sembako ini merupakan donasi gaji saya selama 5 bulan yang saya sumbangkan dan ASN yang ikut menyumbang. Melalui Gugus Tugas Penaganan Covid-19 saya minta memutuskan siapa yang harus dibantu dan salah satunya yang harus dibantu adalah para tutor PAUD,” ucap Eddy Berutu.

Akibat dampakCovid-19 yang selama ini pekerja seni yang menghibur masyakat dengan organ tungganya, menyanyi dengan sanggar kalau ada keramaian itu semua berhenti dan mereka juga ikut susah.

“Begitu juga dengan supir angkutan kota dan abang becak yang selalu mengatar kita dari satu tempat ketempat yang lain. Tapi, karena kita diminta untuk berdiam di rumah mereka tidak punya penghasilan. Jadi ini yang menjadi perhatian pemerintah untuk mendapatkan bntuan ini,” terang Eddy Berutu.

Disebutkan Eddy Berutu, bantuan ini tidak akan pernah cukup. Namun, Pemkab Dairi tetap terus berkomunikasih dengan pemerintah Pusat dan Provinsi agar bisa ikut membantu.

“Yang ada saat ini masih dari donasi dari saya, para ASN dan masyarakat yang kita kumpulkan untuk diserahkan kepada sauadara-saudara sekalian. Gunakanlah ini sebgai bentuk rasa sayang, penghargaan, kepedulian dan sependeritaan dari kami kepada sauadara-saudara semua ,” kata Eddy Berutu.

Eddy Berutu juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Dairi yang telah mengikuti arahan pemerintah. Ia juga mengimbau kepada masayarakat tetap berada di rumah. Kalau tidak ada yang sangat penting usahakan tetap di rumah bersama keluarga.

“Kalau harus keluar rumah pakailah masker dan selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan pakai sabun dan banyak istrahat,”pungkasnya. (junitha)