Membantu Adanya Kelangkaan Persedian Darah Akibat Wabah Covid-19, Kodim 0206/Dairi Gelar Donor Darah

359
Dandim 0206/Dairi meninjau kegiatan donor darah di Koramil 07/Salak.

PAKPAK BHARAT, Salak-dibaktinews.com

Dalam rangka membantu untuk memenuhi kebutuhan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Salak, Kodim 0206/Dairi menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan dilaksamakan di Koramil 07/Salak, Jalan Sikadang Njandi, Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat.

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto SH bersama prajurit dan ibu Persit terlihat bersama-sama mendonorkan darahnya untuk membantu memenuhi kebutuhan darah bagi PMI.

Letkol Arh Hadi Purwanto SH mengatakan, kegiatan donor darah ini untuk memberikan dan melakukan yang terbaik. Meski jajaran Kodim  tidak bisa terjun langsung membantu merawat pasien yang terpapar Virus Corona (Covid-19).

“Namun, dengan cara ini diharpkan bisa membantu melalui cara lain, yaitu dengan mendonorkan darah  sebagai ungkapan simpati serta partisipasi  kita  untuk mendukung tugas tim kesehatan dilapangan,” kata Dandim, Kamis (9/4/2020).

Disebutkan Hadi Purwanto, kegiatan donor darah untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan darah di PMI maupun RSUD Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, akibat social distancing  menghadapi pandemi Covid-19.

“Selain itu untuk membantu dalam mengatasi kebutuhan darah bagi pasien yang terpapar Virus Corona,” sebut Hadi Purwanto.

Sebelum dilaksanakan donor darah,  bagi prajurit dan ibu Persit  yang akan melakukan donor darah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan, agar para pendonor darah benar-benar sehat dan tidak dalam kondisi sakit. (psr)