Cegah Covid-19, Pemdes Lae Hole 1 Lakukan Penyemprotan Disinfektan

286
Pemdes Lae Hole 1 melakukan penyemprotan disinfektan.

DAIRI, Parbuluan-dibaktinews.com

Mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) Pemerintah Desa (Pemdes) Lae Hole 1, bersama Bidan Desa (Bindes) Karang Taruna Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah, sekolah dan rumah warga, Kamis (25/3/2020).

“Penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menindaklanjuti intruksi pemerintah, agar masyarakat membiasahkan  prilaku hidup bersih dan sehat,” kata Kepala Desa Lae Hole 1, Jalima Siboro kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Disebutkan Jalima, walaupun sampai sekarang ini di Desa Lae Hole 1 belum ada warga  yang ODP (Orang Dalam Pemantaiuan) terakit Covid-19. Namun, pencegahan sangat penting dilakukan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

“Dengan penyemprotan ini kami berharap seluruh warga disini terhindar dari wabah Covid-19. Biaya untuk penyemprotan kami menggunakan dana pribadi,” ucapnya.

Dijelaskan Jalima, sesuai rapat bersama Dinas Kesehatan, Camat Parbuluan dan Kepala Desa terkait wabah Covid-19 dihimbau kepada masyarakat :

1.Mengurangi aktivitas di luar rumah.
2. Menghindari aktivitas keramaian (arisan, pertemuan dan pesta) .
3. Menjaga jarak sedikitnya 1 meter dari orang lain (sosial distancing).
4. Mengurangi kontak flsik (salaman) dengan orang lain.
5. Tetap di rumah selama 14 hari kedepan.
6. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan memakan makanan bergizi.
7. Mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.
8. Menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga kesehatan lingkungan.
9. Apabila ada warga yang mengalami flu, batuk atau suhu badan diatas normal, agar segera memeriksakan ke Puskesmas terdekat.
10. Warga yang keluar masuk wajib lapor kepada Kepala Dusun masing-masing.

“Untuk himbauan berupa selebaran telah kita pasang dilokasi keramaian di setiap dusun, agar warga bisa mematuhinya,” ujar Jalima. (parlin)