Bupati Dairi Imbau Masyarakat Untuk Tidak Melakukan Pembakaran Lahan Sembarangan

151
Bupati Dairi dan Forkompinda meninjau lokasi kebakaran hutan di Silahisabungan.

DAIRI, Silahisabungan-dibaktinews.com

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di perbukitan Danau Toba Dusun Situhus, Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kamis (19/3/2020).

Kebakaran hutan yang menghanguskan hutan dan lahan lebih kurang 10 hektara tersebut terjadi, Rabu (18/3/2020) malam jam 19.30 WIB. Api berhasil dipadamkan , Kamis (19/3/2020) pagi jam 06.30 WIB, setelah Satgas BPBD Kabupaten Dairi yang dibantu Babinsa, Kepolisian, Aparat desa dan masyarakat setempat bahu membahu menggunakan peralatan manual memadamkan api.

Selain itu, pemadam kebakaran juga diturunkan untuk mencegah kebakaran lebih meluas, karena mendekati  lahan dan pemukiman penduduk. Kendala yang dihadapi saat melakukan pemadaman adalah medan yang sangat curam  sehingga mempersulit pemadaman api.

Usai terjadinya kebakaran, Bupati Dairi bersama dengan Dandim 0206 Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto,Kapolres Dairi AKBP Leonardo David Simatupang SIK langsung turun kelapangan meninjau lokasi kebakaran.

“Penyebab kebakaran hutan dan lahan masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib,” sebut Eddy Berutu.

Eddy Berutu juga menghibau masyarakat di Kecamatan Silahisabungan untuk tetap selalu berhati-hati dan waspada dengan tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan.

“Mari kita jaga bersama alam Silahisabungan ini yang sungguh luar biasa, karena telah menjadi bagian objek wisata di Kabupaten Dairi,” ujar Eddy Berutu.

Eddy Berutu juga mengucapkan terimakasih kepada para tim satgas dan masyarakat  yang telah berhasil memadamkan api dengan mengerahkan seluruh kemampuan. (gun’s)