ODP Dinas Kesehatan Dairi Terkait Covit-19 Dirujuk Ke RS Adam Malik Medan

211
Sekda Dairi, Plt Dinas Kesehatan dan Plt RSUD Sidikalang memberangkatkan pasien untuk dirujuk ke RS Adam Malik Medan.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.co

Orang Dalam Pemantauan (ODP) Dinas Kesehatan Dairi terkait Virus Corona (Covit-19), terpaksa dirujuk ke RS Adam Malik Medan guna pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyakit yang di diidapnya.

Warga, berinisial JP (40) seorang perempuan warga Desa Blang Malum, Kecamatan Sidikalang  yang baru pulang dari Malaysia itu sebelumnya mengakau menderita sakit demam dan tenggorokan.

Plt Direktur RSUD Sidikalang, Surung Charles Bancin mengatakan, pasien pantauan Dinas Kesehatan Dairi tersebut dikirim ke RS Adam Malik Medan, Selasa (17/3/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Bukan karena dia Suspect Virus Corona, tetapi disebkan peralatan RSUD Sidikalang masih sederhana dan belum lengkap.

“Kita belum memiliki alat CT Scan. Pemeriksaan yang kita lakukan terhadap pasien sejak siang tadi kurang komprehensif. Untuk lebih memastikan penyakitnya kita bawa pasien ke RS Adam Malik. Selain alatnya canggih, SDM-nya terjamin dan lengkap,” kata Surung.

Dengan kasus ini, Surung mengimbau, masyarakat Dairi untuk tidak panik, agar tetap menjaga kondisi tubuh tetap fit, menjauhi keramaian, dan menghindari kontak fisik langsung dengan sesama sementara waktu.

Sebelumnya, Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, Jonny Hutasoit mengatakan, terhadap warga berinisial JP (40) perempuan warga Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang sudah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Hasil pemeriksaan medis, suhu pasien 35,8 derajat celcius, tensi 110/80. Pengakuan pasen sakit ditenggorokan saat menelan ludah,” ucap Jonny.

Lebih lanjut Jonny menjelaskan, secara medis bila ada orang yang mengeluhkan seperti itu maka tahapannya dilakukan pemeriksaan gejala kesehatan, seperti pemeriksaan suhu tubuh.

“Gejala demamnya juga tidak ada mengarah kesana, karena belum mencapai 38 derajat celcius lebih. Hanya gejalah batuk biasa, tapi karena pasien ketakutan  dia minta ditangani secara medis,” ucap Jonny. (gun’s)