Pemkab Dairi Perbaiki Jalan Amblas di Kecamatan Tanah Pinem

324
Perbaikan jalan amblas di Desa Pasir Mbelang Kecamatan Tanah Pinem.

DAIRI, Tanah Pinem-dibaktinews.com

Menanggapi keluhan masyarakat terkait kondisi badan jalan amblas di Desa Pasir Mblang, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi beberapa waktu yang lalu. Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu langsung merespon cepat dengan melakukan perbaikan.

Melalui Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dairi kondisi jalan yang mengalami kerusakan dan amblas dilakukan perbaikan. Dengan  diperbaikinya infrastruktur jalan tersebut, kini jalan penghubung desa Pasir Mbelang dan Pasir Tengah sudah bisa dilalui kendaraan.

Bupati Dairi melalui Kepala BPBD Dairi, Sahala Tua Manik mengatakan, penanganan dan perbaikan  badan jalan yang amblas ini memakan waktu selama tiga hari, dimulai dari tanggal 10 -12 Maret 2020.

Proses pengerjaan perbaikan badan jalan ini menggunakan pemasangan jembatan besi sepanjang 8 meter, dilengkapi dengan tiang besi penyanggah jembatan dengan tinggi 3 meter.

“Untuk perbaikan ini, kami menurunkan  alat berat berupa, backhoe loader dan  sepuluh personel dibantu dengan masyarakat setempat untuk mengerjakan pemasangan jembatan,”kata Sahala, Jumat (13/3/2020)

Menurut Sahala, untuk menutup badan  jalan yang amblas digunakan jembatan menggunakan kayu kelapa yang disusun di atas jembatan besi yang diikat menggunakan rantai besi dan juga paku.

“Selanjutnya ditimbun dengan tanah/ sertu sebanyak 5 truk fuso sumbangan Kepala Desa Pasir Mbelang untuk meratakan badan jalan,” ujar Sahala.

Dengan selesainya perbaikan jalan, masyarakat Desa Pasir Mbelang merasa senang dan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Dairi. Karena transportasi sudah kembali normal.

“Kini kendaraan roda empat dan mobil truk sudah bisa melintas, sekarang warga tidak susah untuk membawa dan menjual hasil pertanian keluar daerah,”ungkap Marga Pinem. (fajar)