Situs Resmi Pemkab Dairi Eror, Proses Pengadaan Barang/Jasa Terganggu

160
DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Sejak sebulan terakhir diketahui situs resmi web Pemkab Dairi : https://dairikab.go.id/ mengalami eror dan belum juga bisa dibuka hingga sekarang, Selasa (10/3/2020).

Sehingga masalah tersebut berimbas pada beberapa situs web lain terkait. Salah satunya situs web Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), https://lpse.dairikab.go.id/. Dampaknya, proses tender pengadaan barang/jasa menjadi terganggu.

Kondisi ini sangat dikeluhkan kalangan rekanan (pemboron) khususnya yang ada di Kabupaten Dairi. Karena mereka tidak bisa melihat kegiatan yang akan ditenderkan Pemkab Dairi.

 “Kami menduga sepertinya ada permainan atau disengaja, agar hanya rekanan tertentu yang bisa mengaksesnya,” kata seorang pengusaha Bermarga Manik.

Ketika hal itu dipertanyakan kepada Kabag Pengadaan Barang/Jasa Setdakab Dairi, Frans Sion Bakkara membenarkan kalau situs tersebut tidak bisa diakses. Disebabkan imbas dari masalah teknis yang terjadi pada situs web Pemkab Dairi : https://dairikab.go.id/.

“Domain Name Server (DNS) dairikab.go.id sedang bermasalah, sehingga website lpse.dairikab.go.id belum bisa diakses hingga saat ini “sebut Frans saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Menurut Frans, agar kegiatan pengadaan barang/jasa Pemkab Dairi tetap berjalan, saat ini pihaknya bekerja sama dengan Diskominfo untuk membuat IP address public, dengan alamat: http://103.15.242.140/.

“Informasi dari Diskominfo hari ini, website dairikab.go.id sudah bisa dibuka. Namun, saat kami cek ternyata belum bisa. Sehingga kita masih menggunakan : http://103.15.242.140,” ujar Frans.

Disebabkan erornya website lpse.dairikab.go.id menurut Frans, proses lelang proyek tahun 2020, terhambat gara-gara masalah ini. Padahal sesuai arahan Bupati, April tahun ini sudah dimulai proses lelang.

“Seharusnya memang, Februari kemarin mulainya. Saat ini hanya masih proses penayangan Rencana Umum Pengadaan (RUP)),” terang Frans.

Terpisah, Kadis Kominfo Dairi, Rahmatsyah Munthe mengaku, pihaknya sudah berupaya memperbaiki situs web Pemkab Dairi yang mengalami eror secepatnya. Mudah-mudahan dalam waktu dua minggu ini sudah bisa digunakan.

“Tim IT kita saat ini sedang melakukan perbaikan. Mudah-mudahan minggu depan website kita sudah bisa digunakan,” sebut Rahmat seraya mengatakan, permasalahan ini menyangkut jaringan, masalah teknis,”ujarnya. (gun’s)