Bupati Dairi Narasumber Pada MABIM PMKRI Cabang Medan

282
Bupari Dairi saat memberikan materi dikegiatan Mabim PMKRI Cabang Medan.

Deli Serdang, Sembahe-dibaktinews.com

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu diminta Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Medan sebagai narasumber pada Pendidikan Tingkat II Masa Bimbingan (MABIM). Kegiatan dilaksanakan di Sembahe, Sibolangit, Deli Serdang, Minggu (1/3/2020).

Pada kegiatan tersebut, Eddy Berutu membawakan materi tentang  “Kepemimpinan di Era Revolusi Industri 4.0. Dalam pengantarnya ia menyampaikan “Bila ingin menjadi Pemimpin di Era saat ini Anda Harus Jadi Pemimpin yang Kolaboratif”.

Eddy Berutu menyebutkan, bahwa peluang anak muda saat ini sangat besar untuk meraih sukses, tapi tentu dengan tantangan yang besar juga. Ia memberikan contoh anak-anak muda yang sukses di usia muda diantaranya ada Bill Gates (Pemilik Microsoft), Nadim Makarim (Pendiri Go – Jek),,Hendy Setiono (Pemilik Baba Rafi), Achmad Zacky (Pendiri Buka Lapak).

“Ini semua dimulai dari niat dan kerja keras untuk mencapai sukses dan menjadi pemimpin yang mantap di Era 4.0,”kata Eddy Berutu.

Ferdi Manik selaku Ketua PMKRI Cabang Medan menjadi moderator saat Bupati Dairi memaparkan materinya. Banyak yang mengajukan pertanyaan di sesi diskusi tanya jawab. Salah satunya, “apa tips bapak Bupati kepada kami menghadapi Era 4.0,”tanya  salah seorang peserta.

Dengan tegas Eddy Berutu menyampaikan, Jauhi Narkoba, Pilihlah tempat bergaul yang tepat, Pandai menggunakan teknologi, khususnya sosial media (Karena sosial media dapat membantu atau sebaliknya menghancurkan karirmu), Tentukan target dengan jelas dan bekerja, belajar harus diluar standart, agar hasil yang datang juga diluar standart.

Pada kesempatan itu, Ferdi Manik juga menyampaikan terimkasih sebesar-besarnya atas kehadiran Bupati Dairi di lokasi pengkaderan PMKRI Cabang Medan.

“Bapak Eddy Berutu, merupakan bupati pertama yang mau memberikan materi kepada kami. Bapak bupati sangat menginspirasi dan membuka cakrawala pemikiran kami.”ungkap Ferdi.

Disela-sela kegiatan sebagai narasumber, Eddy Berutu  juga memberikan tiga video inspiratif . Dimana pada video pertama adalah pidato Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo saat memberikan sambutan di Parlemen Australia.

“Jokowi adalah sosok pemimpin yang berani dan melihat jauh kedepan, Posisi Indonesia pada 2050 akan berada di posisi 4 dunia,”kata Eddy Berutu menjelaskan arti video tersebut.

Video kedua, Derek Redmond yang menyelesaiakan pertandingan walaupun otot kaki sudah robek namun tetap menyelesaikan pertandiangan. “Bahwa semua kadang sudah kita persiapkan sebaik mungkin, namun tak jarang tidak sesuai hasil. Tetapi adik-adik harus tetap semangat dan apa yang anda sudah mulai harus anda selesaikan dengan baik,”ucap Eddy Berutu.

Pada Video ketiga tentang Action Learning yang di keluarkan oleh WIAL (Salah satu lembaga pendidikan dari Amerika Serikat). Eddy Berutu memaparkan bahwa untuk menjadi pemimpin itu seperti Nahkoda yang mengarungi lautan.

“Banyak ketidak pastian dan tantangan, namun sekali kita sudah menentukan

arah dan tujuan kita harus sampai ditempat yang kita tuju. Karena kedepan dunia ini juga akan penuh dengan ketidak pastian,namun harus tetap kita arungi dengan penuh semangat dan suka cita,”terangnya. (fajar)