Babinsa Koramil 05/Tanah Pinem Dampingi Tim Monitoring Program Kerja Dan Anggaran Dana Desa

120
Babinsa Serda Harfika melakukan komsos di wilayah binaan.

DAIRI,Tanah Pinem-dibaktinews.com

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Tanah Pinem Kodim 0206/Dairi, Sertu Harfika melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaan. Kegiatan yang dilakukan menghadiri dan mendampingi tim monitoring realisasi, dalam rangka Pelaksanaan Program kerja dan Anggaran Dana Desa Tahun 2019 di Desa Gunung Tua, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh tim monitoring antara lain, pengecekan administrasi khususnya yang berkaitan dengan pertanggung jawaban penggunaan dana desa. Serta peninjauan secara langsung turun kelapangan dengan meninjau lokasi sasaran, berupa bangunan fisik yang telah diprogramkan desa yang sumber dananya dari dana desa Tahun 2019. Untuk dipertanggung jawabkan ke pemerintah desa sesuai dengan program Anggaran masing-masing Desa.

“Kegiatan monitoring yang dilakukan merupakan salah satu upaya pemerintah dengan melakukan pengawasan terbatas atas realisasi pelaksanaan program kerja Desa yang menggunakan anggaran dana desa. Dengan harapan dapat mengantisipasi secara dini kemungkinan terjadi penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran sesuai yang telah diprogramkan oleh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Tanah Pinem,”kata sertu Harfika, Sabtu (8/2/2020)

Semantara itu, Kepala Desa Gunung Tua, Susi Sembiring mengatakan, dirinya menyambut baik dengan adanya keterlibatan Babinsa dalam ikut mengawasi jalannya pembangunan di wilayahnya pada tiap-tiap desanya.

“Kita sangat transparan dengan penggunaan dana desa ini, kita juga bersinergi dengan semua pihak termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam melakukan pembangunan di desa,”terangnya. (psr)