Bendahara KONI : Setiap Pengcab Olahraga Mendapat Dana Pembinaan Dari Pemkab Dairi

231
Logo KONI

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Pengurus Cabang (Pengcab) olahraga yang masih aktif kepengurusannya mendapat dana pembinaan dari Pemkab Dairi yang penyalurannya melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

“Jadi kalau ada Pengcab yang mengatakan mereka tidak mendapat itu tidak benar. Seperti yang dikatakan Pengcab IPSI baru-baru ini di media cetak dan online,”kata Ketua Koni Dairi, Halim Lumban Batu melalui Bendahara, Sumantra Solin, Minggu (22/12/2019).

Menurutnya, dana pembinaan untuk setiap Pengcab selama ini selalu disalurkan sesuai aturan yang berlaku.

Terkait atlet pencak silat yang mengatakan mereka berangkat mengukuti kejuaraan di Medan menggunakan dana pribadi dan katanya tidak ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumantra sangat menyesalkan.

“Seharusnya Ketua Pengcab IPSI Dairi, Sarumun Banurea sudah mengetahuinya, karena dia juga masuk dalam kepengurusan, sebagai Ketua Harian di KONI Dairi,”ujar Sumantra.

Apalagi proposal mereka telah masuk dan sudah ditandatangani oleh Ketua KONI, namun belum bisa terealisasikan disebabkan KONI terlambat mengajukan dana untuk tahap kedua

“Sehingga untuk pencairan dananya sudah kita jadwalkan dan akan kita berikan usai mengikuti kejuaraan,”ucap Sumantra.

Diungkapkan Sumantra, selama ini ada beberapa pengcab setelah dilakukan pencairan untuk kegiatan berdasarkan proposal yang diajukan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) terkait penggunaan anggarannya tidak lengkap.

Akibatnya, pengurus KONI Dairi selalu kesulitan dalam membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana ke Pemerintah Kabupaten Dairi.

“Jadi mulai sekarang, kalau tidak ada rekomendasi dari Pengcab di daerah, KONI tidak akan memberikan dana pembinaan maupun dana lainnya,”tegasnya. (fajar)