Mayjend TNI Ilyas Alamsyah Beri Sosialisasi Wasbang Kepada ASN, TNI, dan Polri Se-Kabupaten Pakpak Bharat

344
Mayjen TNI Ilyas Alamsyah saat memberikan materi sosialisiasi Wasbang.

Pakpak Bharat-dibaktinews.com

Mayor Jenderal TNI Ilyas Alamsyah, dari Unhan Universitas Pertahanan (Unhan) Bogor memberikan sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ASN, TNI, dan Polri Se-Kabupaten Pakpak Bharat.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-71 dilaksanakan di Balai Diklat Cikaok Pakpak Bharat pada, Kamis (19/12/2019).

Dihadiri, Dandim 0206/DR,  Letkol Arh Hadi Purwanto SH, Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Alamsyah Hasibuan SIK MH, PJ Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution, Forkopimda dan pejabat PemKab Pakpak Bahrat.

Mengawali sambutannya, Myor Jendral TNI Ilyas Alamsyah mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenali sejarah, menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Para pendiri pendiri bangsa sudah sepakat negara mendirikan negara ini dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila.

Jendral berbintang dua ini saat menyampaikan materi sosialisasinya juga menceritakan sejarah perjalanan Indonesia dari era kemerdekaan sampai sekarang. Kini, lanjutnya Indonesia tengah berada dalam masa transisi selepas reformasi. Banyak tantangan yang akan dihadapi di fase tersebut. Setidaknya ada dua situasi yang harus disikapi.

Pertama ialah ancaman tentang kelangsungan NKRI dan ancaman terhadap Pancasila. Dalam situasi seperti ini harus bisa bersikap tegas membela NKRI dan Pancasila sebagai falsafah bangsa. Kedua yang perlu disikapi ialah perkembangan demokrasi di Indonesia. Misalnya seringkali terjadi pro dan kontra terhadap pemerintah, namun hal tersebut jangan disalahgunakan.

“Kita harus tetap optimis menjadi bangsa yang besar ke depan.  Saya ingin mengajak segenap Komponen masyarakat menyadari, mengambil sikap yang bijaksana, generasi muda harus jadi tonggak kemajuan bangsa untuk mencapai hal tersebut,”ucapnya.

Menurutnya, hal pertama harus ada jiwa atau semangat nasionalisme yang ingin berbuat terbaik bagi bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi. Kedua, di era global sekarang kita harus punya daya saing sehingga semakin kompetitif. Ketiga harus disiplin terhadap peraturan dan hukum yang berlaku.

“Sebab hukum adalah sesuatu yang harus diimplementasikan bukan dikompromikan,”ujarnya mengakhiri kegiatan sosialisasi. (junitha)