Piala Dairi PAPPRI Idol Ke-2 Tahun 2019 Diboyong Ke Simalungun

603
Para juara foto bersama dengan panitia dan pengurus PAPPRI Dairi.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Rani Eprilia Ginting juara pertama kategori umum setelah berhasil meraih nilai tertinggi pada Grand Final Dairi PAPPRI Idol 2019 yang berlangsung di GOR, jalan Rumah Sakit Umum, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Minggu (1/12/19).

Dengan demikian Rani Eprilia Ginting dari Seribu Dolok, Kabupaten Simalungun memboyong piala bergilir Dairi PAPPRI Idol Ke-2 ke kampung halamannya. Sedangkan untuk juara pertama kategori junior diraih, Arya Sinarta Sihite dari Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi setelah meraih nilai tertinggi dari 21 peserta lainnya.

“Grand Final Dairi PAPPRI Idol 2019 diikuti 34 peserta yang terdiri, 22 orang peserta kategori junior dan 12 orang peserta kategori umum,”kata Seketaris DPC PAPPRI  Dairi, Mona Salam Sidabutar, S.Sn., usai kegiatan.

Disebutkannya, pada Grand Final ini para peserta menampilkan suara terbagusnya, hingga juri yang melakukan penilaian sedikit kebingungan menentukan pemenang.

“Semua peserta suaranya bagus-bagus dan setiap peserta punya kelebihan dan daya tarik masing-masing. Itu yang membuat juri sangat hati-hati untuk memilih para juara. Itu dapat dilihat dari selisih nilai yang sangat tipis jaraknya dari setiap peserta,”sebut Mona.

Para juara foto bersama juri.

Lebih lanjut Mona mengatakan, PAPPRI Idol ini sebagai wadah untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas anak-anak muda yang ada di Kabupaten Dairi. Tidak ada sedikitpun niat pengurus dan panitia untuk mencari keuntungan.

“Kita sama sekali tidak ada untuk mencari keuntungan, karena kita berdiri sendiri. Event ini sudah kita laksanakan selama 2 tahun berturut-turut, Insya Allah untuk tahun berikutnya akan tetap kita laksanakan,”ungkapnya.

Kepada adik-adik yang sudah berhasil meraih juara jangan pernah puas dengan apa yang didapat saat ini, masih banyak tantangan dan rintangan.

“Kita masih naik tangga lagi, naik kelas lagi dan kalau bisa  memang go internasional. Buat adik-adik yang belum beruntung di tahun ini jangan putus asah dan menyerah tetap coba dan tetap semangat, karena tahun depan masih ada lagi perlombaan berikutnya. Salam musik Indonesia, kita semua satu,”ujarnya.

Ditambahkan Mona, untuk juri pada Grand Final ini, Nina Chris Simanjuntak Xfactor dari Jakarta, Wan Gamaroy dari Medan dan  Jaka Adiputra yang juga dari Medan.

Sementara, Budi Dharma S.sos selaku Ketua DPC PAPPRI Dairi menyampaikan, pada Grand Final Dairi PAPPRI Idol Ke-2 ini mengambi tema,”Memperingati Hari HIV/Aids Sedunia Dengan Lahirnya Bintang Dari Dairi”.

“Ini kegiatan Dairi PAPPRI Idol ke-2 yang kita laksanakan, kalau tahun sebelumnya kita laksanakan di Gedung Nasional Djauli Manik. Jadi biar ganti suasana tahun ini kita laksanakan di GOR,”ucap Budi.

Menurut Budi, disetiap perlombaan pasti ada peserta yang menang dan kalah, karena sebagai panitia pihaknya tidak bisa memuaskan hasrat semua peserta.

“PAPPRI Idol ini kita gelar untuk mencari yang terbaik, makanya kita mendatangkan para juri dari Medan. Dan kita lihat mereka sangat objektif dalam melakukan penialainnya,”ucap Budi.

Kepada para juara Budi berharap agar terus berlatih, kedepannya masih ada program-program lain yang akan melibatkan para juara.

“Begitu juga kepada adik-adik yang belum berhasil meraih juara supaya terus mengasah lagi kemampuan tarik suaranya, karena kedepan kegiatan ini tetap berlanjut dan kita usahakan lebih meriah lagi,”ujarnya.

Penasehat DPC PAPPRI Dairi, Depriwanto Sitohang memberikan piala kepada juara pertama kategori umum.

Menurut Budi, walaupun saat ini masih minim perhatian dari PemerintahDairi maupun dinas terkait dalam kegiatan ini, namun tidak membuat panitia patah semangat.

“Kita tetap fight dan terus berjuang serta tetap menunjukan dan meningkatkan kreatifitas anak-anak muda khususnya dibidang seni. Karena kita punya moto “kita mau kita bisa,”tegasnya.

Grand Final PAPPRI Idol yang berlangsung sejak pagi sampai malam tersebut, dipandu MC Jerry Saputra Batubara.

Adapaun para juara Grand Final Dairi PAPPRI Idol Ke-2 Tahun 2019

Untuk Kategori Umum Juara 1 : Rani Eprilia Ginting Total Nilai 4.675, Juara 2 : Seni Patrisio Situmorang Total Nilai 4.655, Juara 3 Sami Meriahna Manik Total Nilai 4.642, Juara Favorite Jolly R Jambartua Sitohang Total Nilai 4.374

Kategori Junior Juara 1 : Arya Sinarta Sihite Total Nilai 4.867, Juara 2 : Aurel Joana Manik Total Nilai 4. 681, Juara 3 : Yosua Nikolas Banurea Total Nilai 4.600, Juara Favorite  William Tinambunan Total Nilai 4.429. (fajar)