Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Dairi Gelar Lomba Paduan Suara Tingkat SLTA

102
Lomba paduan suara tingkat SLTA se-Kabupaten Dairi.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Dairi menggelar perlombaan paduan suara lagu nasional tingkat SLTA se-Kabupaten Dairi. Kegiatan perlombaan dipusatkan Gedung Olahraga (GOR) jalan Rumah Sakit Umum, Kecamatan Sidikalang, Selasa (22/10/2010) jam 10. 00 WIB.

Dalam laporannya ketua panitia yang juga Kabid Kepemudaan Dispora Dairi, Iis Hamida Ujung mengatakan, kegiatan perlombaan paduan suara bertujuan meningkatkan semangat pemuda dalam mengimplementasikan undang-undang kepemudaan dan nilai-nilai sumpah pemuda.

Menumbuh kembangkan  pribadi pemuda yang berkarakter berkapasitas dan inovatif. Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinekaan.

“Serta memacu pemuda sebagai pemersatu bangsa dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Rebublik Indonesia (NKRI) dan menghargai perjuangan para pahlawan dengan mengenang lagu-lagu perjuagan,”sebut Iis Hamida.

Disebutkannya, perlombaan paduan suara diikuti pelajar SLTA dari  14 sekolah se-Kabupaten Dairi. Dengan rincian satu kelompok  maksimal 25 orang.

“Untuk dewan juri perlombaan terdiri dari tiga orang, yakni Binahar Hutapea, Elman Lumbantoruan dan Royandi Pasaribu,”terang Iis Hamida.

Kadis Pemuda dan Olahraga Dairi, Amper Nainggolan sebelum membuka kegiatan perlombaan menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun 2019.

Sekaligus untuk menjalin kekompakan antar pemuda/pemudi khususnya pelajar yang ada di Kabupaten Dairi. Sehingga kedepan bisa saling mengenal antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya.

“Dengan perlombaan ini, kita bisa mengenang jasa-jasa para pahlawan melalui lagu-lagu nasional yang diperlombakan. Serta membangun jiwa nasionalisme antara pemuda dan pelajar dalam mengisi kemerdekaan Indonesia yang kita cintai dan banggakan ini,”kata Amper.

Kadis Dispora Dairi, Amper Nainggolan saat memberikan kata sambutan.

Menurut Amper, sebelumnya kegiatan seperti ini tidak pernah dilaksankan, namun berkat doa para pelajar dan dukungan para guru serta bidang kepemudaan Dispora Dairi kegiatan ini bisa terlaksana dan dananya bisa ditampung di P-APBD.

“Kedepan mari kita sama-sama berjuang, agar kegiatan seperti ini bisa tetap terus terlaksana, kalau bisa lebih baik dan meriah lagi,”ujarnya.

Bagi para pemenang dalam perlombaan ini nantinya, akan dikirim dan diikut sertakan dalam perlombaan paduan suara tingkat provinsi maupun nasional.

“Untuk itu kepada para adik-adik peserta paduan suara, agar lebih semanagat untuk bertanding,”ucap Amper.

Ditambahkannya, kepada para dewan juri diharapkan bisa melakukan penilaian dengan baik dan tetap menjaga independensi. Siapa yang terbaik itulah sebagai juara nantinya.

Sebagai pemenang dalam perlombaan tersebut, Juara I SMK Rismaduma Sumbul, Juara II SMAN 1 Sumbul dan Juara III SMK HKBP Sidikalang.

Sedangkan untuk juara harapan I SMA Santo Petrus Sidikalang, Juara harapan II SMAN 1 Parbuluan dan Juara harapan III SMAN 1 Sidikalang.

Untuk hadiah uang pembinaan, tropy, piagam akan diserahkan pada pelaksanaan  upacara Sumpah Pemuda, 28 Oktber 2019 dilapangangan Sudirman, Kecamatan Sidikalang. (fajar)