Kapolres Madina Pimpin Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Dan Pelajar

53
Unras yang dilakukan di halaman Gedung DPRD Madina.

MADINA, Panyabungan-dibaktinews.com

Kapolres Mandailing Natal (Madina), AKBP Irsan Sinuhaji SIK,MH, Jum’at (27/9/19) jam 09.00 WIB, memimpin kegiatan pengamanan unjuk rasa aliansi mahasiswa dan pelajar perduli Madina di seputaran lokasi kantor dan Gedung DPRD Madina.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres didampingi Kabag Ops Kompol Agus Maryana SH, Danramil 13/Panyabungan Kapten Inf AK. Harahap, Para Kasat Fung Polres Mandailing Natal, Kapolsek Panyabungan AKP Andi Gustawi SH, Para Perwira Staf Polres Madina, Personil Gabungan Bag, Sat dan Staf  Polres Madin, serta personil Koramil 13/Panyabungan dan Personil Sat Pol Pamong Praja Pemkab Madina.

Sebelum pengaman unjuk rasa, Kapolres Madina memerintahkan kepada seluruh personil Polres Madina, agar tidak membawa senpi saat pengamanan unjuk rasa.

Sekira jam 09.30 WIB para pengunjuk rasa memasuki halaman kantor DPRD Kabupaten Madina yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Erwin Efendi Lubis, selanjutnya para pengunjuk rasa menyampaikan orasi.

Sekira jam10.00 WIB, para pengunjung rasa diijinkan untuk masuk ke ruangan rapat paripurna untuk menyampaikan secara langsung aspirasi mereka kepada Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten.

Semua orasi dan tuntutan para demontrasi diterima dan ditampung oleh DPRD Kabupaten Mandailing Natal untuk disampaikan ke DPR pusat.

Dalam unjuk rasa tersebut, ada empat poin tuntutan yang disampaikan oleh masa pengunjuk rasa, yaitu menolak isi RUU KPK dan RKUHP yang tidak pro terhadap rakyat dan tidak sesuai demokrasi Indonesia,

Mendesak DPR RI untuk meninjau ulang RUU KPK dan RKUHP dan mendesak pemerintah untuk mengusut tuntas aksi pembakaran hutan yang menggangu rakyat.

Serta Mengutuk keras tindakan refresif yang dilakukan oleh aparat kepada seluruh mahasiswa Indonesia.

Kapolre Madina saat memimpin pengamanan unjuk rasa.

Saat para pengunjuk rasa penyampaian orasi di Gedung Paripurna DPRD,  personil Polres Madina dan personil TNI AD serta personil Sat Pol Pamong Praja Pemkab Madina bersiaga penuh dalam rangka mengamankan kegiatan dimaksud.

Pada jam 11.30 WIB aksi unjuk rasa selesai dan para demontrasi yang tergabung dalam aliansi mahasiswa dan pelajar perduli Madina membubarkan diri dengan tertib dan teratur.

Para pengunjuk rasa kemudian menuju Mesjid Agung Nur Ala Nur untuk melaksanakan sholat Jumat bersama dengan aparat keamanan dan jemah lainnya.

“Sampai dengan saat ini situasi Kamtibmas di Wilkum Polres Madina dalam keadaan aman dan kondusif,”terang AKBP Irsan Sinuhaji SIK, MH. (yy)