GIXA Offroad 2019 Akan Gelar Event Petualangan Menjelajahi Kabupaten Dairi

106
Bupati Dairi bersana panitia GIXA Offroad 2019 memberi keterangan kepada insan pers.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Green Internasional Xtreme Adventure (GIXA) Offroad Tahun 2019, atas rekomendasi  Pengurus Cabang Indonesia Offroad Federation (Pengcab IOF) Sumatera Utara, akan menggelar event petualangan menjelajahi Kabupaten Dairi.

Sebanyak 23 mobil roda empat gerdang dua jenis jeep dan 15 sepedamotor roda dua jenis Trail akan diturunkan untuk kegiatan olahraga otomotif  Offroad tersebut.

Ketua Panitia kegiatan, Prihatin Kasiman menjelaskan, kegiatan yang dilakukan untuk mengangkat martabat dan mempromosikan wisata di seputar danau toba yang berada di delapan kabupaten.

“Kegiatan ini yang ke-6, kebetulan pelaksanaannya jatuhnya di Kabupaten Dairi, jadi supaya dunia tau bahwasannya Danau Toba itu bukan hanya Parapat. Tetapi lebih luas lagi termasuk Silahisabungan yang berada di Kabupaten Dairi,”kata Kasiman usai acara makan malam bersama Bupati Dairi dan Forkompinda di Gedung Balai Budaya Pemkab Dairi, Sabtu (27/9).

Disebutkan Kasiman, kegiatan GIXA 2019 akan dilaksanakan selama 8 hari, mulai 28 September sampai 5 Oktober 2019. Selama kegiatan para peserta akan berada di dalam hutan sesuai trek yang sudah dibuat.

“Selain kegiatan offroad, kita juga akan mendokumentasikan plora fauna dan keindahan alam sekitar. Kita juga akan melakukan bhakti sosial ke desa-desa yang dilalui seta memberikan bantuan alat-alat sekolah kepada pelajar,”sebut Kasiman.

GIXA Offroad 2019 saat akan melaksanakan petualangan di alam Dairi.

Sementara Bupati Dairi, DR  Keleng Ate Berutu mengatakan, bahwa Danau Toba merupakan fenomena yang sangat berharga bagi dunia,khusunya Indonesia. Kabupaten Dairi bagian penting dari Danau Toba dan merupakan salah satu kabupaten seputar danau toba yang relatif masih natural dan masih banyak daerah-daerah yang belum terjamah.

“Oleh karena itu kita perlu mendokumentasikannya dan melihat sendiri untuk bisa menunjukan kepada dunia, bahwa betapa indahnya plora fauna dan pemandangan di daerah kita, serta masih banyak situs-situs peninggalan sejarah yang masih ada di pedalaman,”sebut Eddy.

Teman-teman dari GIXA Offroad ini merupakan, orang yang mempunyai hobi olahraga ekstreme yang masuk ke daerah-daerah pedalaman yang hanya bisa dilalui kendaraan gardang dua.

“Kita bersyukur bahwa teman-teman dari GIXA offroad ini memilih Kecamatan Silahisabungan sebagai tempat untuk mereka bertualang dan menyatukan dirinya dengan alam,ujar Eddy.

Kadis Parawisata, Leonardus Sihotang menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut, sebagai salah satu upaya pengembangan potensi  pariwisata  di kawasan Danau Toba, khusunya yang berada di Kabupaten Dairi.

“Dibutuhkan peran berbagai pihak  yang dapat berkontribusi  positif pada pemasaran  dan publikasi parawisata Dairi,”kata Leonardus.

Menurutnya, Kabupaten Dairi merupakan kabupaten yang berada di kawasan strategis parawisata nasional, yang berkomitmen untuk pengembangan sektor parawsisata sebagai salah satu sektor pembangunan prioritas.

“Kita berharap event ini sebagai perangsang untuk mendorong komunitas-komunitas lainnya, untuk  melaksanakan aktivitas yang berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan pendapatan masyarakat,”terang Leonardus. (YG)