Bawaslu Dairi Sharing Informasi Dengan Insan Pers

59
Bawaslu Dairi Sharing informasi dengan para insan pers di luar jam kantor.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Dairi laksanakan kegiatan di luar jam kator dengan mengundang insan pers. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Bawaslu Dairi jalan Makmur No 38, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Selasa (24/9/19).

Ketua Bawaslu Dairi, Jadi Surirang Berutu didampingi  Devisi Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Pemilu, Pandapotan Rajagukguk dan Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL), Maimanah Angkat mengatakan, kegiatan yang dilakukan untuk sharing informasi dan meminta masukan untuk kerja Bawaslu kedepan.

“Ini hanya untuk sharing informasi, kami yang ada di Bawaslu Dairi meminta masukan gimana kinerja kita kedepan. Karena di tahun 2020 Kabupaten Dairi tidak ikut serta pada Pilkada di 10 kabupaten/kota di Sumatera Utara,”kata Jadi.

Sehingga nantinya Bawaslu Dairi hanya fokus di kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, ini nantinya tidak terlepas dari peran serta teman-teman insan pers untuk mempublish ke public. Agar nantinya masyarakat di Kabupaten Dairi tidak menganggap Bawaslu di gaji negara tapi tidak bekerja.

“Dalam kegiatan ini sebenarnya kami ingin mengundang seluruh teman-teman insan pers yang ada di Dairi, namun karena keterbatasan dana sehingga tidak bisa semua kami undang,”ungkap Jadi.

Disebutkan Jadi, pada bulan Oktober 2019 mendatang Bawaslu akan melaksanakan kegiatan di masyarakat, seperti sosialisasi tentang persiapan Pemilu di tahun 2024.

“Nanti teman-teman insan pers juga akan kita libatkan lagi untuk berbagi informasi, sehingga kehadiran Bawaslu bisa menjadi satu lembaga yang khusus menyangkut Pemilu. Secara teknis hanya KPU yang melakukan, tapi dibagian pengawasan kita juga sebagai penyelenggara,”sebut Jadi.

Selanjutnya, Pandapotan Rajagukguk menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini, selain untuk mensosialisasikan kinerja Bawaslu, juga ingin mengharapkan bantuan para insan pers untuk melakukan ekspos tentang apa itu Bawaslu.

“Mungkin selama ini sebagian masyarakat kabupaten Dairi masih belum mengetahui apa itu Bawaslu. Karena sebelumnya Bawaslu ini dikenal sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu),”kata Pandapotan.

Dijelaskannya, dengan adanya undang-undang yang baru nomor 7 tahun 2017 bahwa Panwaslih meleburkan diri menjadi Bawaslu yang priodiknya sekali 5 tahun.

“Dengan adanya teman-teman insan pers yang hadir dalam kegiatan ini, kami berharap nantinya untuk lebih mengekspos segala kegiatan yang dilakukan Bawaslu Dairi,”pintanya.

Sementara, Maimanah Angkat dalam kegiatan itu menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat ini, Bawaslu RI akan mengadakan lomba cipta karya jurnalistik yang mengangkat tema tentang pengawasan Pemilu 2019.

“Jadi kami berharap teman-teman jurnalis di Kabupaten Dairi bisa ikut serta, untuk informasi tentang perlombaan ini, Bawaslu siap membantu,”ujar Maimanah.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan tanyajawab dan diskusi serta sharing seputar kinerja Bawaslu Dairi. (fjr)