Perbaiki Tiang, Pekerja Telkom Tewas Tersengat Listrik

198
TKP korban tewas tersengat listrik.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Dua orang pekerja Telkom Sidikalang tewas tersengat listrik saat sedang memperbaiki tiang Telkom yang miring. Kejadian itu terjadi di jalan Sidikalang-Medan, tepatnya dekat air tejun Lae Pendaroh, Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Selasa (17/9/19) malam jam 23.30 WIB.

Kedua korban, yakni Samuel Pardamean Mahasi Butar-Butar (24) warga Panji Asri, Desa Sitinjo II, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi dan Tamrin Sitorus (31) warga Desa Sipultak, Kecamatan Pagaran, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kasus tersebut sudah ditangani Sat Reskrim Polres Dairi dan saat ini masih memintai keterangan dari para saksi untuk mengetahui penyebab kejadian yang menewaskan dua orang petugas Telkom.

Kapolres Dairi, AKBP Erwin Wijaya Siahaan SIK melalui Kasubag Humas, Ipda Doni Saleh kepada wartawan menjelaskan, dari keterangan saksi Yohanes Situmeang kepada penyidik, malam itu ia bersama Samuel Pardamean Mahasi Butar-Butar dan Tamrin Sitorus berangkat dari rumah menuju jalan Sidikalang-Medan Desa Sitinjo untuk memperbaiki tiang Telkom yang kondisi miring ke kabel PLN.

Korban tewas tersengat listrik saat berada di Kamar jenazah RSUD Sidikalang.

Sesampainya di TKP mereka bertiga mencoba memperbaiki tiang Telkom yang miring tersebut, Namun saat mereka akan menggeser tiang diduga bagian atas tiang Telkom yang terbuat dari besi menyentuh kabel listrik tegangan tinggi yang jaraknya berdekatan.

“Akibat tiang yang mereka geser menyentuh kabel listrik tegangan tinggi, mereka pun tercampak. Namun naas Samuel Pardamean Mahasi Butar-Butar dan Tamrin Sitorus nyawanya tidak tertolong dan tewas di tempat kejadian,”terang Ipda Doni, Rabu (18/9/19)

Setelah kekjadian itu, Yohanes Situmeang meminta bantuan kepada warga yang melintas dijalan dan selanjunya kejadian itu dilaporkan ke pihak Polres Dairi. Mendapat laporan tersebut, personil SPK Polres Dairi, Aiptu Nirwan Lubis bersama personil lainnya yang bertugas piket malam itu langsung turun ke TKP.

Sesampainya di TKP, personil Polres Dairi menemukan kedua korban sudah tergeletak dibawa tiang Telkom. Kedua korban selanjutnya di evakuasi dari TKP dan dibawa ke kamar mayat RSUD Sidikalang.

“Pada saat kejadian Yohanes Situmeang memegang tiang besi bagian bawah sehingga dia selamat,”kata Ipda Doni.

Korban tewas saat berada di kamar jenazah RSUD Sidikalang

Lanjut Ipda Doni, menurut keterangan, Assisten Manager Operation Maintenance Kandatel Kabanjahe, Hirengson Harianja membenarkan kalau, kalau Yohanes Situmeang dan korban tewas atas nama, Samuel Pardamean Mahasi Butar-Butar karyawan outsoursing Telkom.

“Kalau korban tewas atas nama Tamrin Sitorus bukan karyawan Telkom, dia hanya ikut menemani malam itu,”ucap Ipda Doni menirukan keterangan Hirengson Harianja..

Korban Samuel Pardamean Mahasi Butar-Butar biasanya bertugas melakukan pengawasan dan pengcekan terhadap kabel backbone dengan wilayah kerja Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Bharat dan Provinsi Aceh.

Ditambahkan Doni, kedua korban tewas akibat mengalami luka bakar pada bagian dalam dan bagian wajah kedua korban terlihat menghitam. Setelah dilakukan visum, kedua korban tewas diserahkan kepihak keluarganya untuk dikebumikan.

“Karena kejadian itu murni kecelakaan kerja, keluarga korban sudah ikhlas dan tidak meminta dilakukan outopsi,”pungkasnya. (gun’s)