Dusun Suka Jadi Kecamatan Sumbul Belum Menikmati Pembangunan

133
Jalan menuju Dusun Suka Jadi, Desa Dolok Tolong yang butuh pengaspalan.

DAIRI, Sumbul-dibaktinews.com

Dusun Suka Jadi yang berada Di Desa Dolok Tolong, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi selama 11 tahun belum menikmati pembangunan. Desa yang dihuni sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK) dan mayoritas dihuni pendatang warga jawa itu kondisinya memprihatinkan.

Rohman (35) kepada wartawan menceritakan, kalau desanya selama ini belum pernah ada pembangunan sama sekali, baik itu pembangunan dari Pemerintah Kabupaten maupun Dana Desa (DD).

“Tahun 2008, Dusun Suka Jadi hanya mendapat pembangunan pengerasan jalan sepanjang 1 kilometer, sejak itu tidak ada lagi pembangunan sampai saat ini,”kata Rohman, Selasa (10/9/19)

Menurutnya, warga di dusunnya selama ini sangat mengharapkan pengaspalan jalan dan pembangunan sarana lainnya. Walau sudah sering mereka usulkan pada Musrembang desa, tapi sampai sekarang tidak pernah mendapat perhatian.

“Tahun 2019 ini kami mendengar desa kami mau dilakukan pengaspalan jalan, tapi tiba-tiba pengaspalan tersebut dialihkan ke desa lain, yang ngerihnya pengaspalan itu dilakukan di jalan menuju perladangan,”sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Marga Simbolon, menurutnya akibat jalan yang rusak dan berbatu-batu warga kesulitan melakukan aktivitas, khususnya dalam mengangkut hasil pertanian.

“Selain itu, karena tidak adanya pembangunan draenase di kanan dan kiri jalan, bila hujan deras turun air masuk kehalaman rumah warga,”ujarnya. (gun’s)