Bupati Dairi : Musibah kebakaran Seharusnya Dapat Diantisipasi Oleh Seluruh Masyarakat

122
Bupati Dairi saat menyerahkan bantuan

DAIRI, Sitinjo-dibaktinews.com

Musibah bencana kebakaran seharusnya dapat diantisipasi oleh seluruh masyarakat, karena musibah kebakaran datangnya dari sumber-sumber api yang berada dalam rumah masyarakat sendiri.

Hal itu dikatakan Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu saat menyerahkan bantuan kepada para korban bencana alam dan bencana non alam, Selasa (10/9/19) di Kantor Camat Sitinjo.

Pada kesemptan itu, Eddy menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Camat sebagai pengayom bagi masyarakat di masing-masing desa dan kecamatan, agar memerhatikan hal tentang kebakaran dengan serius.

“Lakukan sosialisasi kepada warga desa sebagai peran pemerintah dalam mengayomi para masyarakat agar peristiwa kebakaran tidak terjadi lagi di masa-masa yang akan datang,”ucap Eddy.

Menurutnya, menghindari dengan mensosialisasikan tentang kebakaran ataupun kebiasaan-kebiasaan baik lainnya, akan jauh lebih baik dari pada hanya dengan memberikan bantuan.

“Demikian juga dengan musibah bencana alam, jika dilakukan perubahan tanpa adanya perencanaan yang baik maka akan menimbulkan dampak yang buruk  bagi lingkungan sekitar,”ujar Eddy.

Untuk segala aktivitas yang berkaitan dengan alam dan tidak sesuai dengan ketentuan, serta  tidak memiliki ijin agar di himbau untuk di hentikan. Sehingga tidak mengganggu dan tidak mengorbankan masyarakat yang lain nantinya.

Lebih lanjut Eddy mengintruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi, agar melakukan sosialisasi tentang bencana alam kepada masyarakat dengan cara ilmu komunikasi melalui slogan ataupun spanduk, sehingga pesan-pesan bencana alam tersebut sampai kepada masyarakat.

“Mewakili segenap Pemerintah Kabupaten Dairi dan masyarakat, saya menyampaikan turut prihatin atas musibah bencana yang di alami para korban bencana alam dan korban kebakaran yang terjadi beberapa waktu yang lalu,”ungkap Eddy.

Bupati Dairi foto bersama dengan undangan dan warga penerima bantuan.

Sementara dalam laporannya, Kepala BPBD Kabupaten Dairi Bahagia Ginting menjelaskan, bencana alam yang terjadi beberapa waktu yang lalu ada sebanyak 7 bencana kebakaran, yaitu kebakaran di Desa Sitinjo Kecamatan Desa Sitinjo, Desa Manganmoli Kecamatan Tanah Pinem.

Serta, jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Sidikalang, Desa Linggaraja Kecamatan Pegagan Hilir, Desa Pegagan Julu VII Kecamatan Sumbul, Desa Pegagan Julu I Kecamatan  Sumbul dan Desa Lau Bagot Kecamatan Tigalingga.

Sementara untuk bencana alam angin puting beliung, yakni di Desa Parbuluan V Kecamatan Parbuluan,  Desa Ujung Terang Kecamatan Tigalingga dan Kelurahan Sidiangkat Kecamatan Sidikalang.

“Untuk jenis bantuan yang diserahkan kepada para korban dalam bentuk logistik dan stimulan, yakni bahan bangunan,”terang Bahagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dairi secara simbolis menyerahkan bantuan logistik dan bantuan stimulan berupa bahan bangunan kepada para korban bencana kebakaran dan bencana angin puting beliung.

Kegiatan tersebut juga dihadiri dan disaksikan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ramlan Sitohang, Kepala BPBD Kabupaten Dairi, Bahagia Ginting, Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Drs Hutur Siregar, Camat Sitinjo Erpi Berutu, Camat serta Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Dairi. (YG)