Desa Belang Malum Laksanakan Penjaringan dan Penyaringan Calon Anggota BPD

167
Pelaksanaan penjaringan dan penyaringan calon anggota BPD Desa Belang Malum.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Desa Belang Malum, melaksanakan penjaringan dan penyaringan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada, Rabu (4/9/19), bertempat di Kantor Balai Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kegiatan tersebut dihadiri, Camat Sidikalang Agel Siregar, Kepala Desa Belang Malum Sehat Hutauruk, Perwakilan Polsek Sidikalang kota Aiptu P Samosir, Perwakilan Koramil 02/Sidikalang Serma DK Butar-Butar, Bhabunkamtibmas Serda MA Sinaga, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat.

Dalam arahannya Camat Sidikalang, Agel Siregar mengatakan, peranan BPD itu sangat penting di pemerintahan desa, karena BPD itu kalau ditingkat Kabupaten namanya DPRD. Oleh sebab itu BPD harus punya hati dan punya niat untuk membantu pemerintahan desa.

Selain itu BPD juga harus bisa menampung aspirasi dari tiap-tiap dusun dan membicarakannya pada saat rapat pemerintahan desa.

“Jadi, saya berharap pemilihan calon anggota BPD ini nantinya bisa dilaksanakan dengan musyawarah dan mufakat, bukan dengan voting,”imbaunya.

“Disamping itu, pemilihan BPD ini merupakan pesta demokrasi, oleh karena itu saya tidak mau  pesta demokrasi ini cacat hukum,”tambahnya.

Selanjutnya Kepala Desa Belang Malum, Sehat Hutauruk mengatakan, bahwa siapapun calon anggota BPD yang terpilih merupakan mitra desa yang akan ikut mensukseskan dan mendukung pembangunan di desa.

“Oleh sebab itu saya harapkan kerjasama yang baik untuk menata kembali desa yang kita cintai ini,”ungkapnya.

Sementara Serma DK Butar-Butar Koramil 02/Sidikalang mewakili Muspika Kecamatan yang hadir menyampaikan, agar kegiatan penjaringan calon anggota BPD harus yang benar-benar mampu dan mempunyai waktu untuk mengabdi dan peduli dengan desanya.

“Karena tugas sebagai BPD sangat berat, selain menyusun rencana pembangunan desa, juga harus mengawasi kinerja pemerintah desa. Serta mengevaluasi kinerja Kepala Desa pada purna tugas Kepala Desa,”sebutnya.

Adapun calon anggota BPD yang terpilih untuk periode Tahun Anggaran (TA) 2019-2025, yakni : Dusun I, Evi Sinuhaji. Dusun II Januari Sinaga dan Feri Jonson Sinaga. Dusun III, Fajar Napitupulu. Dusun IV, Longgam Naipospos dan Dusun V, Alboin Sianturi. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan terpilih, Ema boru Purba. (fajar)