Bupati Dairi: Saya Berharap Seluruh Jajaran ASN Pemkab Dairi Taat Administrasi

74
Bupati Dairi saat memberikan arahan kepada para ASN.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu pimpin upacara apel pagi besama jajaran ASN di halaman Kantor Bupati Dairi, jalan Sisingamangaraja Senin, (2/9/19).

Apel pagi yang dilaksanakan rutin setiap hari Senin itu dihadiri, Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan, Asisten dan Staf Ahli Pemkab Dairi, Pimpinan OPD Pemkab Dairi.

Dalam arahannya Bupati Dairi, DR Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dairi telah menyelesaikan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Empat Ranperda tersebut sangat penting, pertama pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahun 2018 yang telah berjalan dengan baik.

Selanjutnya  revisi  anggaran dan program kerja tahun 2019 telah terlaksana,  permohonan untuk penambahan modal pada BUMN, seperti PDAM Tirta Nciho Dairi serta struktur pemerintahan yang baru  telah disetujui oleh DPRD Kabupaten Dairi.

“Ada dua hal yang perlu dikerjakan secara bersama-sama, yaitu RPJMD dan INDUP 2020. Keduanya sangat penting bagi kita semua untuk 5 tahun kedepan. Masyarakat menunggu kehadiran dan kinerja kita sesuai dengan sumpah KORPRI, itu semua tergantung dengan RPJMD, Program kerja dan anggaran tahun 2020,”kata Eddy.

Lebih lanjut, Eddy menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi perhatian sebagai koreksi bagi jajaran Pemkab Dairi saat ini dalam menghadapi tantangan, antara lain Jamperda dan penyaluran pupuk sedikit mengalami kendala di lapangan, yakni kehabisan stok pupuk. Itu merupakan kegagalan pemerintah dalam perencaan anggaran tahun sebelumnya.

“Apa yang direncanakan saat ini, itu dapat berdampak pada tahun berikutnya dan menjadi koreksi bagi kita semua, harus berdampak pada masyarakat, saatnya kita dapat mencari solusi dan terobosan, membutuhkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan serta profesionalitas sebagai ASN. Saya berharap tantangan tersebut dapat terselesaikan,”harapnya.

Eddy juga menekankan bahwa perencanaan saat ini  harus dilaksanakan lebih cermat, cerdas, komprenhensif, dapat melihat history serta dapat memprediksi untuk masa depan.

“Saya percaya bahwa jajaran ASN Pemkab Dairi merupakan jajaran yang tangguh, professional, dan mampu menyelesaikan RPJMD dan INDUP 2020 dapat terselesaikan dengan baik,”ungkapnya.

Diakhir arahanya, Eddy berharap kepada seluruh OPD Pemkab Dairi agar lebih cermat dan cakap dalam administasi, serta disiplin dalam penggunaan anggaran.

“Kita telah selesai dengan perubahan R-APBD, sekarang saatnya untuk merealisasikan anggaran dan dana tersebut. Lakukan sebaik-baiknya, secermat mungkin, jangan buang waktu. Desember 2019 diharapkan dapat selesai, serap anggaran dan wujudkan menjadi kerja -kerja bagi masyarakat,”pungkasnya. (YG)