Serma DK Butar-Butar : Penjaringan Calon Anggota BPD Termasuk Pesta Demokrasi

117
Serma DK Butar-Butar saat menghadiri penjarigan calon anggota BPD Desa Bintang.

DAIRI, Sidikalang-dibaktinews.com

Kegiatan penjaringan dan penyaringan calon anggota  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) termasuk pesta demokrasi, khusunya bagi masyarakat desa Bintang. Oleh karena itu pililah yang benar-benar mampu dan mempunya kualitas.

Demikian dikatakan Serma DK Butar-Butar saat mewakili Danramil 02/Sidikalang, Kodim 0206/Dairi menghadiri penjaringan dan penyaringan BPD Desa Bintang yang dilaksanakan di Desa Bintang pada, Kamis (29/8/19) lalu.

Disebutkannya, jangan memilih karena suka dengan suka, hubungan famili, atupun karena hal lainnya. Calon anggota BPD yang terpilih harus benar-benar siap sebagai mitra desa untuk mensukseskan pembangunan di desa.

“Sehingga pembangunan di desa kita nantinya dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,”ucap Serma DK Butar-Butar.

Selanjutnya Camat Sidikalang, Agel Siregar menyampaikan, bahwa penjaringan dan penyaringan calon anggota BPD baru pertama kali dilaksanakan di Desa Bintang. BPD ini mempunyai peranan yang sangat penting sebagai bagian dari pemerintahan desa, tetapi bukan pemerintah desa yang bertugas menyusun rencana pembangunan desa, mengawasi kinerja pemerintahan desa maupun aparat desa, serta mengevaluasi kinerja Kepala Desa saat tugas akan berakhir.

“Saya menghimau jangan coba-coba ada intervensi dari aparat desa maupun panitia pada saat penjaringan dan penyaringan calon anggota BPD nantiinya.,”tegas Agel.

Ditambahkannya, para calon anggota BPD agar melengkapi persyaratan supaya tidak cacat hukum, panitia harus hadir minimal 2/3 dari jumlah seluruhnya. Serta penjaringan dan penyaringan anggota BPD harus mengedepankan musyawara dan mufakat dari pada voting.

Penjaringan dan penyaringan anggota BPD Desa Bintang.

Sementara Kepala Desa Bintang, Aladin Sinaga menyebutkan, kalau BPD merupakan mitra desa untuk mensukseskan dan mendukung pemerintah desa, sebagai bentuk  wujud kecintaan terhadap desa Bintang ini.

“Kepada BPD yang terpilinya nantinya saya harapkan bisa ikut mensukseskan pembangunan desa nantinya,”ujar Aladin.

Pelaksanaan penjaringan dan penyaringan calon anggota BPD berjalan aman, tertib dan lancar. Karena musyawara dan mufakat tidak tercapai, akhirnya panitia penjaringan dan penyaringan melakukan voting.

Adapun Anggota BPD Desa Bintang periode 2019-2025 yang terpilih, Dusun I : Fuji Sihombing dan Junjung Sinaga. Dusun II : Sion Simanjuntak. Dusun III : Ilham Bintang. Dusun IV : Rahman Banurea Dan Dusun V : Januddin Sitohang. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan terpilih, Pittauli boru Bintang. (red)